PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENERAPAN MODEL PERMAINAN SISWA KELAS VIII

Betnawati Betnawati, Edi Suyanto, Siti Samhati

Abstract


The problem in this research were (1) how the lesson plan using the model of the game on Indonesian subject of listening competency? (2) How was the implementation of a model of the game on Indonesian subject of listening competency? (3) How does the evaluation model of learning the game on Indonesian subject of listening competency? (4) How to increase listening skills on Indonesian of listening subjects competency model using the game? The aim of this study was to analyze and describe increasing listening skills through the application of game model class VIII SMPN Satu Atap 1 Tegineneng. The method of the research was a class act game model. The results showed that the ability to listen in class VIII SMPN Satu Atap 1 Tegineneng can be improved by the application of game model.

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan penerapan model permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi menyimak? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi menyimak? (3) Bagaimanakah penilaian pembelajaran menggunakan penerapan model permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi menyimak? (4) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia kompetensi menyimak dengan menggunakan penerapan model permainan? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak melalui penerapan model permainan siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Tegineneng. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Tegineneng dapat ditingkatkan dengan penerapan model permainan.

Kata kunci: berita, kemampuan menyimak, model permainan.


Full Text:

PDF

References


Andang, Ismail. 2009. Education Game. Yogyakarta: Proumedia.

Hartono & Subyantoro. 2003. Hakikat Keterampilan Menyimak. Surakarta: UNS Pers.

Joyce & Weil. 1980. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Meier, Dave. 2005. Panduan Kreatif Merancang Pembelajaran. Bandung: Mirzan Pustaka.

Muhammad, Asadi. 2010. Menghidupkan Otak Kanan. Yogyakarta: Power Books.

Supriyono, Agus. 2010. Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelangi.

Sutari. 1999. Hakikat Menyimak. Jakarta: Reka Cipta.

Takari, Muhammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Kupang: Spirit.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zaini, H. 2005. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Nansa Aksar Gafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.