TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII IPA SMA

Dewi Pujiastuti, Nurlaksana Eko Rusminto, Karomani Karomani

Abstract


Problem in this study was the speech acts teachers in teaching history in high school class XII of science. This study aimed to describe the speech of teachers in teaching history subjects in class XII Science SMA because it influenced the students' understanding of what is presented in the learning process. This research was a qualitative descriptive research. Source of data in this study was the interaction of history subjects learning as a media of teachers speech acts in Indonesian language. The results showed that the form of teacher speech acts of History subject in the learning process produced two forms of speech, namely: ( 1) direct speech and (2) indirect speech.

Masalah dalam penelitian ini adalah tindak tutur guru dalam pembelajaran Sejarah di kelas XII IPA SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tuturan guru dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah di kelas XII IPA SMA karena sangat berpengaruh dalam pemahaman siswa tentang apa yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelititian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah interaksi pembelajaran mata pelajaran Sejarah sebagai wadah tindak tutur guru dalam berbahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wujud tindak tutur guru mata pelajaran Sejarah dalam proses pembelajaran menghasilkan dua bentuk tuturan, yaitu: (1) tuturan langsung dan (2) tuturan tidak langsung.

Kata kunci: guru, sejarah, tindak tutur.


Full Text:

PDF

References


Alfian, Magdalia, dkk. 2007. Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Austin, J. L. 1962. How to Do Thing with Words. Cambridge, Mass: Harvard U. P.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendy, Onong. 1994. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Abdul Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Pekan Baru: Alfabeta.

Keraf, Gorys. 1997. Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Ruben, Brent D. dan Lea P. Stewart, 1998. Communication and Human Behavior. USA: Viacom Company.

Searle, John R. 1965. Speech-Act. An essay in the Philosopy of Language. London: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77