PENINGKATAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Jenny Firawan, Syaifuddin Latief, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this research was to know the increasing of students positive attitude to the Lampung language lesson using group guidance service. The method used in this research was pre-experimental with one group pretest-posttest design. It was analyzed using the wilcoxon test via computerized SPSS 17. The subject were 8 students. The data collecting technique was using attitude scale. The results showed a significant improvement between scores of attitudes toward language it Lampung before and after treatment is given. Based on the result of pretest and posttest, it obtained that z-count= -2,521 and z-table 0.05=1,645, because z-count<z-table then H0 was rejected and Ha was accepted, meaning that there is a significant improvement between scores of attitudes language Lampung before and after treatment with a given group counseling services.

Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan sikap siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Lampung setelah penggunaan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon melalui komputerisasi SPSS 17. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan antara skor sikap terhadap mata pelajaran bahasa lampung sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan, berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh z-hitung =-2,521 dan z-tabel 0,05 = 1,645. Karena z-hitung < z-tabel maka, Ho ditolakdan Ha diterima,artinya terdapat peningkatan signifikan antara skor sikap terhadap mata pelajaran bahasa lampung sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, sikap belajar.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. A. 1990. Psikologi sosial. Semarang : Rineka Cipta

Azwar, S .1988. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hartinah DS, Sitti.2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama

Prayitno. 1999. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia

Romlah,T. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang : Universitas Negeri Malang.

Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.