PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dengan teknik bimbingan kelompok. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan jenis desain pretest-posttest control group design. Dianalisis dengan menggunakan uji uncorrelated data. Subyek penelitian ini 24 siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelompok penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemandirian belajar siswa, terbukti dari hasil analisis data gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t hitung = 11,95 dan t tabel 0,05 dengan df 22= 2,074. Karena t hitung > t tabel,maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan signifikan kemandirian belajar setelah pemberian bimbingan kelompok.
Kata kunci : bimbingan kelompok, bimbingan konseling, kemandirian belajar.
Full Text:
PDFReferences
Anomsari, Priskila Hesty. 2003. Upaya Meningkatkan Kemandirian Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIIIa SMP Negeri 3 JeparaTahun Pelajaran 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kurniawati, Dewi 2010.Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika dengan Menggunakan Cooperative Learning. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia.
Prayitno. 2004.. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia.
Romlah, T. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sumarmo, Utari. 2004. Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: Universitas Pendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.