ARAH PILIHAN BIDANG JABATAN BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Siti Nur Fitriana, Syarifuddin Dahlan, Ratna Widiastuti

Abstract


The purpose of this study was to determine the direction of the field office of choice by grouping types of male and female students of class XI MAN Pringsewu and knowing the direction of field option position based on high, medium, and low of class XI MAN Pringsewu. This research used descriptive method. The study population were 200 students. Data collection technique used IEKAD as principal engineering and documentation as supporters. The results showed there were differences of landing field option positions based on gender. In the male gender had a pattern Realistic (R), Social (S), and Entrepreneurial (W). While the female gender had a social pattern (S), Entrepreneur (W), and Artistic (A). High Learning Achievement coded summary were Entrepreneurial (W), Realistic (R), Conventional (K). Moderate Learning Achievement coded summary were Realistic (R), Social (S) Entrepreneurial (W) and Low Achievement summary coded were Social (S), Entrepreneurial (W), and Investigative (I).

Tujuan penelitian ini mengetahui arah pilihan bidang jabatan siswa menurut pengelompokan jenis kelamin dan Prestasi Belajar. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan Inventori Karier Arahan Diri (IEKAD) dan studi dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN Pringsewu berjumlah 200 orang siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 67 siswa yang ditentukan menggunakan rumus proporsional.Hasil penelitian menunjukkan: terdapat perbedaan Arah pilihan bidang jabatan berdasarkan jenis kelamin. Pada jenis kelamin laki-laki memiliki pola Realistik(R), Sosial (S), dan Wirausaha (W). Sedangkan pada jenis kelamin perempuan memiliki pola Sosial (S), Wirausaha (W), dan Artistik(A). Dan Prestasi Belajar Tinggi memiliki kode ringkasan Wirausaha (W), Realistik (R), Konvensional (K). Prestasi Belajar Sedang memiliki kode ringkasan Realistik (R), Sosial (S) Wirausaha (W) dan Prestasi Rendah memiliki kode ringkasan Sosial (S), Wirausaha (W), Investigatif (I).

Kata kunci : arah pilihan bidang jabatan, jenis kelamin, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dahlan, S.1993. Penggunaan Inventori Eksplorasi Minat Jabatan Arahan Diri Sebagai Alat Bimbingan Karir Untuk Membantu Klien Memahami Pola Minat Jabatan. Malang:IKIP Malang (Disertasi)

Depnaker.1995. Klasifikasi Jabatan Indonesia. Jakarta : Departemen Tenaga Kerja dan Biro Pusat Stastik.

Holland, John L. 1973. Making Vocational Choices: A Theory of Vocational Personalities and Work Environments, 2nd edition. Prentice Hall

Hungu. 2007.Pengertian Jenis Kelamin. Dapat dibuka pada situs http://www.scribd.com/doc/143354392/BAB-II-Tinjauan-Gender

Hurlock, EB. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Margono.2005. Metodologi Penenlitian Pendidikan KOMPONEN MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Osipow, JC. 1983. Career Counseling Models, Methods and Materials. New York. Mc Graw-Hill Book Company

Santrock. John W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 1997. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta

Supriatna, M. 2009. Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.