PENINGKATAN MINAT BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP

Ditta Anggraeni, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The objective of this research was to increase student interest through group guidance service. The problem in this research was the student interest in learning. This study was quasi-experimental research, with non equivalent control group design. The subject in this research were 20 students. Data collection technique was using scale. The result showed that the students interest in learning was increased, using the Wilcoxon test, the result of probability experiment group was 0,005 < sig. 0,05. Therefore Ha1 was accepted, it means that the students self-confident in learning could be increased through group guidance service.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Masalah dalam penelitian ini minat belajar siswa dalam belajar. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan jenis nonequievalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam belajar pada kelompok eksperimen meningkat, hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, nilai probabilitas pada kelompok eksperimen menunjukkan 0,005 < sig.0,05. Sehingga Ha1 diterima, maka percaya diri dalam belajar pada siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.


Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, minat belajar.


Full Text:

PDF

References


Ali, M & Ansori, M. 2006. Psikologi Remaja. (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharrudin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Djamarah, B.S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hurlock. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Jahja,Y. 2013. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan: Educational Psycology (Edisi ketiga). Jakarta: Salemba Humanika.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. 2011. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Salemba.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.