PENINGKATAN SELF ESTEEM SISWA KELAS X MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Tri Oktha Ayuevita, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


This research aim was to determine the increase in self esteem by using group counseling service. Research problem was the students who have low self esteem. Research method was a quasi experimental method with nonequivalent control design. Research subjects were 19 students who have low self esteem, 10 students were experimental group and 9 students were control group. Data collection technique was using self esteem scale. Results of the study by wilcoxon test showed that the students self esteem increased 39.9 % and figures probability < 0,05 (0,005 < 0,05) so Ha was received , it means that students self esteem can be improved using group counseling services.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan self esteem menggunakan layanan konseling kelompok. Masalah penelitian ini adalah siswa memiliki self esteem yang rendah. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control. Subjek penelitian sebanyak 19 siswa yang memiliki self esteem rendah, 10 siswa kelompok eksperimen dan 9 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil penelitian dengan uji wilcoxon menunjukkan bahwa self esteem siswa meningkat 39,9% dan angka probabilitas < 0,05 (0,005 < 0,05) maka Ha diterima, artinya bahwa self esteem siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, konseling kelompok, self esteem.


Full Text:

PDF

References


Freist, Jess dkk.2011.Teori Kepribadian Theories of personality. Jakarta: Salemba Humanika

Ghufron, M. Nur. Rini Risnawita S. 2010. Teori Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Rus Media Group

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang

Santrock. John W. 2002. Life-Span Development. Jakarta: Erlangga

Seto, Mulyadi. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rafika Aditama

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.