PENGGUNAAN TEKNIK MODELING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA

Natalia Devi Sylviana, Muswardi Rosra, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


The purpose of this study is to determine the use of modeling techniques in group counseling which can improve study habits. The problem in this research is the students who have low learning habits. This study is a quasi-experimental design with types One-group pretest-posttest design. Research subjects were 11 students who have poor study habits. Data collection technique used scale study habits. The results showed that 36.81% increase learning habits that Zcount < Ztable (-2,938< 11), then Ha received means then use of modeling techniques in group counseling can improve study habits with a significance level of 5%.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan teknik modeling dalam konseling kelompok dapat meningkatkan kebiasaan belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang rendah. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental design dengan jenis One-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 11 siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kebiasaan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar meningkat 36,81% bahwa Zhitung < Ztabel (-2,938<11) maka Ha diterima artinya penggunaan teknik modeling dalam konseling kelompok dapat meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dengan taraf signifikansi 5%.

Kata kunci: kebiasaan belajar, konseling kelompok, teknik modeling


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Freist, Jess dkk. 2011. Teori Kepribadian Theories of personality. Jakarta: Salemba Humanika.

Khodijah, Nyayu. 2006. Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatan Press

Latipun. 2008. Psikologi Konseling: edisi ketiga. Malang: UNM Press.

Prayitno. 1999. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuntitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksannan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sularti. 2008. Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa. Bandung: SPS PBK UPI.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.