HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR

Lulu Endar Wati, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there was a relationship between emotional intelligence and academic achievement. This research method was correlation with data collection using emotional intelligence scale and documentation, the sample were thirty-eight students. Data analyzed technique is using the product moment. from the hypotesis testing, the result of correlation of emotional intelligence and learning achievement with count r = 0.839> r table = 0.320. It is concluded that there was a significant relationship between emotional intelligence student achievement. The conclusion of this study was there was a relationship between emotional intelligence and academic achievement. Students who had high emotional intelligence scores had good learning performance.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian bersifat korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional dan dokumentasi, sampel sebanyak tiga puluh delapan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Dari pengujian hipotesis didapatkan hasil korelasi kecerdasan emosional dan prestasi belajar sebesar r hitung = 0,839> r tabel = 0,320 maka, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi memiliki prestasi belajar yang baik.

Kata kunci: kecerdasan emosional,metode korelasional, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Jakarta : Rieneka Cipta.

Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Balajar Offset.

Goleman, D. 2002. Emotional Intelligence (terjemahan). terj. Kantjono, A.T. Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosda karya.

Winkel, WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.