MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Widia Widia, Syaifuddin Latif, Ratna Widiastuti

Abstract


The purpose of this research was to know the increasing of student’s study motivation by using group guidance service. This research used experiment method with one group pretest-posttest design. Subject of this research was eight students which had the low study motivation. The data collecting technique in this research was used the study motivation scale. The result of this research shown that study motivation could be increased by group guidance service, This could be looked from data analyzed of pretest and posttest that shown that Zoutput= -2,533and Ztabel 0,05 = 4, Because Zoutput< Ztabel so that Ha was be received. It mean that the low study motivation school students in the tenth grade of MAN 1 Krui Lampung Barat in year 2012/2013 could be increased by group guidance service.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok.Metode penelitian adalah metode quasi experimental dengan desain One-GroupPretest-Posttest. Subyek penelitian sebanyak8orang siswa kelas X yang memiliki motivasi belajar rendah.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon, hasil pretest dan posttest yang diperoleh Zhitung= -2,533 dan Ztabel 0,05 = 4, Karena Zhitung< Ztabel maka Ha diterima, artinya motivasi belajar siswa kelas X MAN Krui Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno.2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.

Romlah, T. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Malang.

Sardiman, AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudjana. 2002. Metoda statistika. Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi.2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel.1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.