PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH

Dyah Rahayu Armanto, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The objective of this research was to find out the increase of the student’s socialization ability at school through group guidance service. The problem in this research was the students’ socialization ability at school. This study is quasi-experimental research, with non equivalent control group design. The subject in this research were 24 students. The researcher collected the data by using socialization ability scale at school. The result showed that the students’ socialization ability at school could be increased through group guidance service based on the result of data analysis using t-test. The result of posttest between experiment group and control group showed tratio>ttable (3,215> 1,717). Therefore Ha was accepted, it mean that the students socializing ability could be increased through group guidance service.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok. Masalah dalam penelitian ini kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan jenis nonequievalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemampuan penyesuaian diri di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan thitung > ttabel (3,215> 1,717). Maka Ha diterima, artinya kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa.


Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, kemampuan penyesuaian diri di sekolah


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hurlock, B Elizabeth. 2003. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia.

Prayitno. dan Amti. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Santrock, John W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.