PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPATUHAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH
Abstract
Masalah penelitian adalah rendahnya sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Permasalahannya adalah “apakah penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah”. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil penggunaan layanan bimbingan kelompok terhadap sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pretest dan posttest thitung = 14,92 > ttabel 0,05 = 1,833. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, layanan bimbingan kelompok, sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. dan Widodo. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Departement Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Wawasan Wiyata Mandala. Jakarta: Depdikbud
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia
Soekamto. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sukardi, DKK. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.