MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Nanda Ardiyanta, Syaifuddin Latif, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


The aims of this study was to know whether positive self concept in students could be increased by using group counseling services. The method used in this research was quasi experimental one group pretest-posttest design, and stastiscally analyzed by non-parametric Wilcoxon test. The subjects of this study were 6 students, who had negative self concept in learning. The results in research showed that self confidence in students increased significantly after being given group counseling services. It was shown from the pretest and posstest results which obtained z output = -2,201 and z table 0,05= 0. Because z output ≤ z table, then Ho was ignored and Ha was accepted. It meant that there was significant increases between self concept in students before and after being given group counseling services. The conclusion was that positive self concept in students could be increased by using group counseling services.


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen one group pretest-posttest, dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian ini enam orang siswa yang memiliki konsep diri negatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa konsep diri siswa mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh z hitung = -2,201dan ztabel = 0. Karena zhitung ≤ ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan, konsep diri positif siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, konsep diri, layanan bimbingan kelompok.


Full Text:

PDF

References


Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghufron, M.N. & Rini R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Romlah, T. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, D.K. 2008. Pengantar pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2007. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Thalib, SB. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Winkel. 1991. ”Psikologi Pendidikan”. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.