PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGURANGI PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA DI SEKOLAH

Dian Pratiwi, Muswardi Rosra, Ratna Widiastuti

Abstract


The purpose of this research was to reduce the student discipline violations in the school by using group counseling. The method used was the method of quasi experiment with one group pre-test post-test design. The subjects were 9 subjects who violated school rules. Data collecting technique use observation. The results obtained from Wilcoxon test indicate that violations of the student discipline in schools was reduced after the given group counseling. The results of the pretest and posttest obtained Z = 2692 <= 6 then Z tabel 0.05, Ho was ignored and Ha was accepted, which meant a violation of students in school discipline was reduced after the given group counseling. The conclusion of this research was a violation of students in the school was reduce after the given group counseling Class VII student of SMP Negeri 3 Natar years 2013/2014.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi pelanggaran tata tertib siswa di sekolah dengan menggunakan konseling kelompok. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian 9 subjek yang melakukan pelanggaran tata tertib di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pelanggaran tata tertib siswa di sekolah berkurang setelah diberikan konseling kelompok. Hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = 2.692 < Z tabel 0.05 = 6, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pelanggaran tata tertib siswa di sekolah berkurang setelah diberikan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelanggaran tata tertib siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2013/2014 berkurang setelah diberikan konseling kelompok.

Kata kunci : bimbingan konseling, konseling kelompok, pelanggaran tata tertib


Full Text:

PDF

References


Latipun. 2000. Psikologi Konseling. Malang: UMM press.

Lestari. 2013. Upaya Menangani Siswa Yang Sering Melanggar Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. IKIP Veteran Semarang (Tidak diterbitkan).

Mulyono. 2000. Kesadaran Berbangsa. Bandung: Angkasa.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan profil ). Jakarta: Gahalia Indonesia.

Purnamasari, D. 2012. Efektivitas Pemberian Sanksi terhadap Pelanggaran Tata Tertib di Sekolah. http://repository.upi.edu. diakses hari kamis tanggal 04 April 2013.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan Riset & Development. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2009. Tata Tertib Sekolah. http://suparlan.com/62/2009/08/02/tatatertib-sekolah/. Diakses Sabtu 7 September 2013.

Wibowo, E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Jakarta: Unres Pre.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.