HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DALAM BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Asep Lukman Efendi, Muswardi Rosra, Yusmansyah Yusmansyah

Abstract


The intention of this study  is to determine (1) the relationship between X1 and Y, (2) the relationship between X2 and Y, (3) the relationship between X1 and X2 with Y. The method used is quantitative research methods and data collection techniques using scale. Subjects in this study were student guidance and counseling class of 2010, 2011, 2012. Results showed that (1) there is a relationship between X1 and Y, (2) there is a relationship X2 with Y (3) there is a relationship between X1 and X2 with Y, this is evidenced by obtaining the count r> r table then Ha is accepted. The conclusion of this study is the concept of self-learning that can positively affect academic achievement, and high motivation to learn can affect academic achievement and self-concept in a positive learning and high learning motivation can affect academic achievement.

 

Tujuan penelitianini untukmengetahui (1) hubungan antara X1 dengan Y, (2) hubungan antara X2 dengan Y, (3) hubungan antara X1 dan X2 dengan Y.Metode yang digunakanadalahmetode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan skala. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2010, 2011, 2012.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan antara X1 dengan Y, (2) ada hubungan X2 dengan Y(3) ada hubungan antara X1 dan X2 dengan Y, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya rhitung > rtabel maka Ha diterima.Kesimpulan penelitian ini adalah konsep diri dalam belajar yang positif dapat mempengaruhi prestasi akademik, dan motivasi belajar yang tinggi dapat mempengaruhi prestasi akademik serta konsep diri dalam belajar yang positif dan motivasi belajar yang tinggi dapat mempengaruhi prestasi akademik.

 

Kata kunci :konsep diri dalam belajar,motivasi belajar, prestasi akademik.



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmara, Tejo. 2007. Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas III A di SMP Mardasiswa ISemarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Semarang. Skripsi. Universitas Semarang.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara. Hamzah, Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya:Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hetty, P. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Jurnal.Diakses September 2011.

Mahmud. 2000. Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

McInerney, Dennis M. 2006. Development Psychology For Teacher. Australia: National Library. Rolla, F.2006. Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja.2006 USU Repository. Diakses dari http://repository.usu.ac.i./bitstream/123456789/1938/3/06010309.pdf.txt. pada tanggal 6 November 2012.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto.2007. Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep diri Positif Pada Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Semarang. Skripsi. Universitas Semarang.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan, edisi V. Jakarta : PT. Rajagrafinda Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.