KORELASI TIPE KOMUNIKASI AYAH-ANAK DENGAN KONSEP DIRI

Defiana Defiana, Giyono Giyono, Yusmansyah Yusmansyah

Abstract


The purpose of the research was to determine the correlation between father-child communication type and self-concept. This research was quantitative description with correlation method. Samples were purposive and there were seventy students of grade X Computer and Network Technic Major who still have father. Data collecting techniques used Communication Type Instrument and Self-Concept Instrument. The result shows that there was positive correlation between father-child communication type and self-concept, it was proved by the result of data analysis by using Pearson correlation test which was r = 0,393 thereby, Ha was accepted, it means there was positive correlation between father-child communication type and self-concept. The conclusion for this research is there was positive correlation between father-child communication type and self-concept for the students of grade X Computer and Network Technic Major in SMK Negeri 4 Bandar Lampung Academic Year 2012/2013.

Tujuan penelitian adalah untuk  mengetahui korelasi tipe komunikasi ayah-anak dengan konsep diri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive dan terdapat  tujuh puluh siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang masih memiliki ayah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Instrumen Tipe Komunikasi dan Instrumen Konsep Diri. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara tipe komunikasi ayah-anak dengan konsep diri, ditunjukkan dari hasil analisis data menggunakan uji korelasi Pearson sebesar r = 0,393 maka Ha diterima, yang artinya ada korelasi positif antara tipe komunikasi ayah-anak dengan konsep diri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada korelasi yang positif antara tipe komunikasi ayah-anak dengan konsep diri pada siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: ayah-anak, konsep diri, tipe komunikasi


Full Text:

PDF

References


Dagun, S.M. 2002. Psikologi Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ellis, Marsh, and Richards. 2002. A Brief Version Self-Description Questionnaire (SD) II. Sydney, Australia: SELF Research Center (Bankstown Campus) University of Western Sydney. 8 May 2013 http://www.self.ox.ac.uk/Instruments/SDQII/SDQII.htm.

Furchan, A. 2007. Metode Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghufron, N. dan Rini R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: ANDI.

Koerner & Fitzpatrick. 2002. Toward a Theory of Family Communication. University of Minnesota & University of Winconsin.

Krisnatuti, D. & Husfani, A.P. 2012. Gaya Pengasuhan Orangtua, Interaksi serta Kelekatan Ayah-Remaja, dan Kepuasan Ayah (Jurnal). Bogor: Institur Pertanian Bogor.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: KENCANA.

Ritchie & Fitzpatrick. 1990. Revised Family Comnunication Type Instrument. 11 April 2013 http://www.comm.umm.edu/~akoerner/RFCP-quesionnaire.pdf.

Santrock, J.W. 2003. Adolesence (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Sitohang, M. 2012. Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif dengan Menggunakan Teknik Assertive Training pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Bandarlampung Tahun Ajaran 2011/2012 (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.