HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH

Sri Wahyuni, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The aims of this research was to determine corelations of student’s motivation and using of school learning facilities to students' learning achievement. The method used in this research was correlation method. The subjects in the study  were 36 students gotten by random sampling technique. Data collecting techniques  using a scale of motivation to learn and questionaire of utilization of school facilities . The results obtained indicate that there was a relationship between learning motivation and utilization of student learning, it was shown from the results of data analysis using Person Product Moment Correlation (r) tehniques, r output by 0.4 then consulted with r tabel of 0.325. The conclusion is  there is a corelations between learning motivation and using learning of school  learningn facilities to students learning achievement.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 36 siswa yang didapat melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala motivasi belajar dan angket pemanfaatan fasilitas belajar. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan pemanfaatan fasilitas belajar siswa, ditunjukkan dari hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Person Product Moment (r), diperoleh nilai rhitung sebesar 0,4 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel sebesar 0,325. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah pada siswa.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, fasilitas belajar, motivasi belajar siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto ,S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineke Cipta.

Djamarah, S B. 2008.PsikologiBelajar. Jakarta: RinekaCipta.

Sardiman, A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta;Raja Grafindo Persada

Sardiman S. Arif. 2003. Media Pendidikan,Jakarta:Grafindo

Sugiyono. 2011. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Uno,H.2007. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Winataputra, US.,dkk. 1995. Belajar dan pembelajaran. Jakarta:;Depdikbub.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.