PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR

Ema Widya Sari, Yusmansyah Yusmansyah, Syarifuddin Dahlan

Abstract


The research aims determine the use of  information services in increasing student learning activities. The research problem was the low of student learning activities. The research method was quasi-experimental with one-group pretest-posttest design. The research subjects were six students of grade VII who have a low learning activities. Data collecting technique  observation. The research result  showed that students learning activitie increased after given information service, it proved from the result of pretest and posttest  obtained toutput= 8.94 and ttable 0.05= 2.015. toutput>ttable, thereby Ho was rejected and Ha was received, it meant that there was increasing of student’s learning activities by using group counseling. The conclusion was that there was increasing of student’s learning activities by using information services of the students grade VII SMP Wiyatama Bandar Lampung. 

Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan layanan informasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Masalah penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Metode penelitan Metode penelitian adalah quasi-experiment dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah enam orang siswa kelas VII yang memiliki aktivitas belajar rendah. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa di sekolah meningkat setelah diberikan layanan informasi, hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh thitung = 8.94 dan ttable0.05= 2.015. thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan aktivitas belajar dengan menggunakan layanan informasi pada siswa kelas VII SMP Wiyatama Bandar Lampung.

Kata kunci : aktivitas belajar, bimbingan dan konseling, layanan informasi

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B & Zain, A. 2002.StrategiBelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta

________, Bahri Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Gie, The Liang. 1984. Cara Belajar Efisien. Jogjakarta: Universitas Gajah Mada

Hamalik, Oemar.2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Prayitno. 2004. Layanan Informasi. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Padang

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D.K. 1983. Dasar-dasar Bimbingan dan Penyuluhan Di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional

Winkle, W.S. 1997.Bimbingan dan Konseling di Industri Pendidikan. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.