MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Khairunnisa Khairunnisa, Giyono Giyono, Shinta Mayasari

Abstract


The research purpose is to improve students' motivation by using group counseling services. The method used was quasi-experimental with one-group pretest-posttest design. Subjects were six students who have low motivation in learning. Data collection techniques using Motivation Scale Learning and Observation. The results showed that students' motivation can be enhanced by using group counseling services, as evidenced from the analysis of the data using different test Wilcoxon, from the pretest and posttest results obtained zoutput <ztabel (-2.207 <0) then Ha is accepted, and Ho is rejected. The conclusion of this research is the motivation to learn can be improved by using group counseling services in the eighth grade students of SMPN 1 Sukadana East Lampung Academic Year 2012/2013.

 

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu dengan one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian sebanyak enam siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Motivasi Belajar dan Observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji beda wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh zoutput < ztabel (-2,207 < 0) maka Ha diterima, dan Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci :bimbingan konseling, konseling kelompok, motivasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Rahman, Hibana S. 2003. Bimbingan & Konseling Pola 17. Yogyakarta: UCY Press Yogyakarta.

Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

________ 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.