PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Nelly Oktaviyani, Yusmansyah Yusmansyah, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


The purpose of this study was to determined the increasing students' social interaction with peers through group counseling services. The method was used in this study is quasi-experimental with one-group pretest-posttest design. Subjects of this study were six students class VIII who have the low of social interaction with peers. Data collection techniques in this study used sociometry and observation social interaction of students with peers. Results of this study indicate that there was an increase in students' social interaction with peers through group counseling services. This is indicated by an increase in students' social interactions with peers in six eighth grade students. The conclusion of this study is that there was an increase in students' social interaction with peers through group counseling services.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak enam siswa kelas VIII yang memiliki interaksi sosial rendah dengan teman sebaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Sosiometri dan Observasi interaksi sosial siswa dengan teman sebaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  terdapat peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya pada enam siswa kelas VIII. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok.

 

Kata kunci : bimbingan dan konseling, interaksi sosial, konseling kelompok.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno, dkk.1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Ghalia

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang

Santoso. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama

Santrock, J W. 2007. Remaja Edisi 11 Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

______,2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.