Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Perundungan (Bullying)

Firyal Nabilla Shaffira, Ratna Widiastuti, Moch Johan Pratama

Abstract


This study aim to study the relationship between conformity of peers with bullying in students of SMA Negeri 8 Bandar Lampung.The research method used quantitative. The research sample was taken by 86 students taken by purposive sampling technique. Data collection techniques used the scale of conformity of peers and scale of bullying. Data analysis technique used Product Moment conversion. The results showed that relationship conformity of peers and bullying with a ratio of r count = 0.608 > rtable = 0.178 significance level p = 0.05 then. The conclusion of the results study relationship between conformity of peers and bullying.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perundungan (bullying). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 86 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konformitas dan skala bullying. Hasil analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari hasil perhitungan didapat nilai korelasi rhitung= 0,608> rtabel= 0,178 taraf signifikasi p=0,05. Sesuai ketentuan dalam korelasi product moment jika rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, konformitas teman sebaya, perundungan


Full Text:

PDF

References


Amalia, D. (2010). Hubungan Persepsi Tentang Bullying Dengan Intense Melakukan Bullying Siswa SMA Negeri 82 Jakarta. Jakarta

Djuwita. (2006). Kekerasan Tersembunyi di Sekolah: Aspek-aspek psikososial dari Bullying.

Handayani. (2009). Hubungan Antara Faktor-faktor Munculnya Konformitas Kelompok Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMA PGRI 35 Serpong. Jakarta: UIN Syarif, H. Jakarta.

Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Karina, H. (2013). Perilaku Bullying dan Karakter Remaja Serta Kaitannya dengan Karakteristik Keluarga dan Peer Group. Bogor: Institut Pertanian Bogor. Vol. 6 No. 1.

Masyhuri dan Zainuddin. (2008). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktik dan Aplikasi. Bandung: Refika Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.