Penggunaan Informasi Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Belajar

Siska Ranida Sari, Diah Utaminingsih, Yohana Oktariana

Abstract


 The problem in research is the low of students’ interest in learning.The purpose of
this research is to know the use of information in group guidance to increasing students’
the learning 'interest at sman 8 bandar lampung academic year 2019/2020. This research
method is a pre-experiment using time series design.
Research subjects were 12 students
who had low, medium, and high interest in learning
. The technique of data collection uses
a scale of interest in learning. The results of data analysis using wilcoxon test, from the
calculation results obtained Zhitung = -3.066 ≤ Ztable = 1.645. In according with the
provisions in the wilcoxon test, if Zhitung ≤ Ztable, then Ho is rejected and Ha is accepted.
Therefore, the result of the research could summarize that the information in group guidance
can increase student interest in class XI SMAN 8 Bandar Lampung in Academic Year 2019/2020.

Permasalahan dalam penelitian adalah minat belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan informasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAN 8 Bandar Lampung 2019/2020. Metode penelitian ini adalah pre-eksperiment dengan menggunakan time series design. Subyek penelitian sebanyak 12 siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan skala minat belajar. Hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon, dari hasil perhitungan didapat Zhitung = -3,066 ≤ Ztabel = 1,645. Sesuai ketentuan dalam uji wilcoxon, jika Zhitung ≤ Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Informasi dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMAN 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, layanan informasi, minat belajar

 

 


Full Text:

PDF

References


Afriani, N. (2017). Layanan Bimbingan Ke-lompok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Teknik Diskusi Kelompok Pada Pelajaran Matematika Di Mts Al Muddakir Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 3, No 1.

Durrotunnisa. (2013). Meningkatan Minat Belajar Kelompok Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Melalui Layanan Bimbingan Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2, No 1.

Evi, S. P., & Rizal, A. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. Philanthropy Journal of Psychology. Vol 2, No 2.

Fataruba, D. (2016).Penerapan Layanan In-formasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bimbingan Konseling Terapan. Vol 1, No 1.

Faskhau, M., Supriyo., & Awalya. (2014). Meningkatkan Minat Terhadap Jurusan Teknik Gambar Bangunan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok.Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 2, No 4.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12, No 1.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Ke-lompok dan Konseling Ke-lompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti, M. (2013). Penerapan Layanan Informasi Mengenai Orientasi BK Untuk Meningkatkan Minat Dalam Memanfaatan Layanan BK Siswa Kelas XI di SMAN 1 Balen Bojonegoro. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 1, No 1.

Threesje, T. (2018). Penggunaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XIJurusan Teknik SepedaMotor SMKNegeri Tumpaan.Jurnal Forum Pendidikan. Vol 14, No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.