Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya

Kurnia Rahmadani, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem with this research is peer social interaction. The purpose of this study was to determine the relationship between the intensity of smartphone use and peer social interaction. The research method used is a quantitative method. The sample of this study used a purposive sampling technique with the criteria of having a smartphone totaling 68 students. Data collection techniques use the intensity scale of smartphone use and social interaction of peers. The results of this study indicate that there is a significant negative relationship between the intensity of smartphone use and peer social interaction, this is based on the results of the analysis using product moment techniques obtained r-count = -0,819> r-table = 0.2387. The conclusion is that the higher the intensity of smartphone use, the lower the social interaction of peers in students.

Permasalahan penelitian ini adalah interaksi sosial teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan interaksi sosial teman sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria memiliki smartphone berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan skala intensitas penggunaan smartphone dan interaksi sosial teman sebaya. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan negatif antara intensitas penggunaan smartphone dengan interaksi sosial teman sebaya, hal ini berdasarkan hasil analisa menggunakan teknik product moment yang diperoleh nilai r-hitung = -0,819 > r-tabel = 0,2387. Kesimpulannya yaitu semakin tinggi intensitas penggunaan smartphone maka semakin rendah interaksi sosial teman sebaya pada siswa.

Kata kunci: interaksi sosial, smartphone, teman sebaya

 


Full Text:

PDF

References


Agusta, D. (2016). Faktor-faktor resiko ke-canduan menggunakan smartphone pada siswa di smk negeri 1 kalasan yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 5, No 3

Alhidayah. (2017). Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap interaksi sosial pada mahasiswa. Jurnal riset Mahasiswa Fakultas Psikologi UMJ. Vol 2, No 2

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bian, M., & Leung, L. (2015). Linking loneliness, shyness, smartphone addiction symptoms, and patterns of smartphone use to social capital. Instanbul, Social Science Computer Review. Vol 5, No 1

Dagun, S. M. (2002). Psikologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerungan. (2004). Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama

Ghifari. (2015). Hubungan tingkat penggunaan teknologi mobile gedget dan eksistensi permainan tradisional pada anak sekolah dasar. jurnal idea societa Mahasiswa Sosiologi UB , Vol. 2, No.4

Lioni, T., Holilulloh, H., & Nurmalisa, Y. (2014). Pengaruh penggunaan gadget pada peserta didik terhadap interaksi sosial. Jurnal Kultur Demokrasi FKIP Universitas Lampung. Vol 2, No 2

Marhaeni, D. P. (2012). Intensitas peran komunikasi interpersonal dalam keluarga untuk mencegah kenakalan remaja. Jurnal Acta Diurna Universitas Indonesia. Vol 8, No 2

Muflih, M., Hamzah, H., & Purniawan, W. A.(2017).Penggunaan smartphone dan interaksi sosial pada remaja di sma negeri i kalasan sleman yogyakarta. Idea Nursing Journal Fakultas Keperawatan, Univ-ersitas Syiah Kuala. Vol 8, No 1

Musdalifah, M., & Indriani, N. (2017). Pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial mahasiswa politeknik negeri samarinda. Prosiding Snitt Poltekba. Vol 2, No 1

Nekie. (2013). Peran smartphone dalam menunjang kinerja karyawan bank prismadana (studi pada karyawan bank prismadana cabang airmadidi. Jurnal Acta Diurna FISIP Universitas Negeri Semarang. Vol.1 No.1

Sanu, K. M., & Mobiliu, S. (2015). Hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan adanya keluhan penglihatan pada siswa kelas xi jurusan upw di smk negeri 1 kota gorontalo. KIM Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. Vol 3, No 3

Sipal, R. F., & Bayhan, P. (2010). Preferred computer activities during school age: indicators of internet addiction. Procedia Social and Behavioral Sciences Turkish. Vol 9, No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.