Penggunaan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Menurunkan Kecenderungan Nomophobia Siswa SMA

Intan Permatasari, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The purpose of the research was to know the decrease proclivity of nomophobia using of group guidance self management tecnical at first grade student of SMA Negeri 1 Gedongtataan year lesson 2019/2020. The research method used was quasi experimental design with time series design. Research subject were 8 student. Data collection techniques used nomophobia scale. The results of data analysis using the Wilcoxon Matched Pairs Test, obtained values Zcalculate = -2.350 < Z table = 1.645, then Ho was rejected and Ha was accepted. The results showed that there was a decrease nomophobia by 31.3% after treatment of group guidance self management tecnical. So that it can be concluded that group guidance self management tecnical can decrease the proclivity of nomophobia at first grade student of SMA Negeri 1 Gedongtataan year lesson 2019/2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan kecenderungan nomophobia menggunakan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedongtataan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan time series design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala nomophobia. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, menghasilkan Zhitung = -2.350 < Ztabel = 1.645, dengan ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan terjadi penurunan nomophobia sebesar 31.3% setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok teknik self management. Kesimpulannya adalah layanan bimbingan kelompok teknik self management dapat menurunkan kecenderungan nomophobia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedongtataan tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: bimbingan kelompok, nomophobia, remaja, self management

 


Full Text:

PDF

References


Asih, A. T. & Fauziah, N. 2018. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecemasan Jauh dari Smartphone (Nomophobia) pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 6(2), 15-20.

Budiyani, K. & Abdulah, S. M. 2016. Self Management Training to Treat Online Game Addiction. ASEAN Conference Psychology & Humanity, 2, 796-801.

Bragazzi, N. L. & Puente, G. D. 2014. A Proposal For Including Nomophobia In the New DSM-V. Psychology Research and Behaviour Management, 7, 155-160.

Hurley, K. Teenage Cell Phone Addiction: Are You Worried About Your Child. Psycom. Agustus 2019. https://www.psycom.net/cell-phone-internet-addiction. Diakses pada 5 oktober 2019.

Heriansyah, M. & Kurniawan, D. 2017. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2).

Komalasari, G., Wahyuni, E. W., & Karsih. 2011. Teori dan teknik konseling. Indeks, Jakarta.

Lepp, A., Barkley, J., & Karpinski, A. C. 2014. The Relationship Between Cell Phone Use, Academic Performance, Anxiety, and Satisfaction with Life in College Students. Computers in Human Behavior Volume 31.

Mayangsari, A. P. & Ariana, A.D. 2015. Hubungan Antara Self-Esteem dengan Ketergantungan Telepon Genggam (Nomophobia) pada Remaja. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 4 (3), 157-163.

Miltenberger, R. G. 2012. Behavior modification: Principles and procedures (Fifth edition). Wadsworth, Cengage Learning, United State of America.

Mutohharoh, A. & Kusumaputri, E. S. 2014. Teknik pengelolaan diri perilakuan dalam menurunkan kecanduan internet pada mahasiswa Yogyakarta. Jurnal Intervensi Psikologi, 6, 102-124.

Novitasari, D. 2018. Pelatihan Manajemen Diri Untuk Menurunkan Nomophobia Pada Mahasiswa. Master's thesis, Universitas Islam Indonesia.

Securenvoy. Februari 2012. 66% of the Population Suffer From Nomophobia the Fear of Being Without Their Phone. Securenvoy.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Swastika, R. I. & Lukitaningsih, R. 2016. Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Manajemen Diri) untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Pandaan. Jurnal Bimbingan Konseling UNESA, 6 (2), 1-6.

Widyastuti & Muyana. 2017. Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) Penyakit Remaja Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional: Universitas Ahmad Dahlan.

Widyastuti & Muyana. 2018. Potret Nomophobia (no mobile phone phobia) dikalangan remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4 (1), 62-71.

Yildirim, C. 2014. Exploring the dimensions of nomophobia: Developing and validating a questionnaire usingmixed methods research. Graduate Thesis, Iowa State University, United States America.

Yildrim, C. & Correia. A. P. 2015. Exploring the Dimensions of Nomophobia: Development and Validation of a Self-Reported Questionnaire. Computers in Human Behavior Journal, 49: 130–137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.