Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP

Linda Lestari, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The problem in this research is the low of students interpesonal communication. The purpose of this study  to determine the correlation of self confidence with interpersonal communication of the eighth grade students at SMP Negeri 9 Bandar Lampung. This research is quantitative descriptive. The population in this study amounted to 288 students with a sample of 158 students obtained through simple random sampling techniquest. The data collection techniques using a scale interpersonal communication and scale self confidence. The data analysis techniques using Product Moment Correlation. The research results obtained value r count = 0.414 > r table = 0.159 then Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is a positive and significant correlation of self confidence with interpersonal communication. If the students self confidence is high then students interpersonal communication will also be high.

Masalah dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Peneitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 288 siswa dengan sampel 158 siswa yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian diperoleh r hitung = 0.414 > r tabel = 0.159, Ho ditolak dan Ha diterma, yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal. Jika kepercayaan diri siswa tinggi maka akan diikuti komunikasi interpersonal siswa yang tinggi pula.

Kata kunci: hubungan, kepercayaan diri, komunikasi interpersonal


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dewanti, A.R. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi dengan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VII Tunas Harapan Tahun Ajaran 2012/201. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3 No. 1 Tahun 2014

Fidia, H.Z. (2015). Pengaruh Self Control, Komunikasi Interpersonal, dan Pola Asuh Permisif Terhadap Adiksi Game Online Pada Remaja. Jurnal Psikologi. Vol. 6 No. 1 Tahun 2015

Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Surabaya: PT. Gelora Aksara Pratama Erlangga.

Hidayati, N.A. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Self Esteem Remaja. Jurnal Psikologi Vol. 5 No. 1 Tahun 2015

Joseph A. DeVito.(2011). Komunikasi Antarmanusia, Alih Bahasa Agus Maulana. Edisi ke V. KARISMA Publishing Group: Tangerang Selatan Indonesia

Sakinah.L.F. (2018). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Ibadah Sholat Siswa Kelas VIII MTs 2 Lamongan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 7 No. 1 Tahun 2018

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Siska, Sudardjo, & Purnamaningsih, E.H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. Vol. 2 No. 2 Tahun 2016

Sricahyanti, E.N. (2015). Hubungan antara Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 2 No. 1 Tahun 2015

Sunain. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan OrangTua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Semester I. Jurnal Pendidikan. Vol. 6 No. 2 Tahun 2017

Suryaningrum, D.H.. & Takarini, N. (2009). Kemampuan Mahasiswa Berkomunikasi Lisan Melalui Proses Belajar Mengajar. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. Vol. 7 No. 2. Tahun 2009

Utami, D. (2015). Hubungan antara Percaya Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No. 2 Tahun 2015

Wendari, W.N, Arip, & Atiek. (2016). Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Bogor. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No. 1 Tahun 2016

Wulandari, S. (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Pram-banan Sleman Yogyakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Bimbingan dan Konseling dan Dakwah Islam. Vol 10 No. 2 Tahun 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.