Evaluasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Pertama

Liana Priciliasari, Shinta Mayasari, Shinta Mayasari

Abstract


The problem of this research was how the implementation of  guidance and counseling is. The aim of this research was at evaluating the implementation of guidance and counseling services at SMP N 3 Menggala Tulang Bawang regency. The respondents involved in this research were the three teachers at SMP N 3 Menggala. Data collecting techniques used in this study were observation, interview, documention, and triangulation. Then, the data were analyzed qualitatively. The results of data analysis showed that the implementation of guidance and counseling services that were done by the guidance and counseling teachers at SMP N 3 Menggala Tulang Bawang regency considered as low category (D). It is indicated by the score which was 52% in the range of <55%.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling pada SMP Negeri 3 Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Responden dalam penelitian ini yaitu 3 orang guru di SMP Negeri 3 Menggala. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari analisa data diperoleh pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri 3 Menggala Kabupaten Tulang Bawang dalam kategori Kurang (D) karena mendapat kan skor nilai sebesar 52% berada di rentang <55%.

Kata kunci: evaluasi layanan bimbingan dan konseling, bimbingan dan konseling, layanan bimbingan dan konseling


Full Text:

PDF

References


Andreassen, 2012. Manajemen, Analisis Perencanaan dan Pengendalian Jilid 1. Yakarta: PT. Prenhalindo.

Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departeman Pendidikan Nasional. (2009). Pedoman Pelaksanaan Tugas Dan Pengawas, Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Fahmi, Muhammad, 2012. Fungsi, Tujuan, dan Asas Bimbingan Konseling, Jakarta: PT. Rineka Cipta.Diakses pada 16 November 2018

Hastuti, Sri, 2014. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Nursalim, Mochammad, 2015, Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Erlangga.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP), 2016, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaandirektorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Prayitno, 2014. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar Buku I. Jakarta : Gramedia Wedia Sarana.Diakses pada 5 Februari 2019

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R dan D, Bandung, Alfabeta.

Sukardi, Dewaketut, 2010, Pengantar Pelaksanaan BK disekolah, Jakarta : Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2013. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Maestro.

Syahril, Riska Ahmad. 2011. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Padang: Angkasa.

Tohirin, 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Intregrasi. Jakarta: Rajam Grafindo Pers.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas

Yusuf, Syamsu, 2016, Landasan Bimbingan dan Konseling,Bandung : Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.