Hubungan antara Self Control dan Tingkat Agresivitas pada Siswa kelas X SMK

Sernila Sernila, Diah Utaminingsih, Moch Johan Pratama

Abstract


 The problem of the research was the high level agresivenness of student. This research aims to determine the correlation between self control and the level aggressiveness of tenth grade students at SMKN 2 Bandar Lampung. The method of this research is quantitative with correlation techniques used product moment from Pearson. The research sample of 216 students was taken by random sampling technique. The data collection techniques used the scale of self control and aggressiveness. The data analysis techniques used product moment correlation. The result of correlation test showed a significant negative relationship between self control and aggressiveness of tenth grade students at SMK Negeri 2 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019. It meant that the higher of self control the lower level of aggressiveness, the lower of self control, the higher level of aggressiveness.

Permasalahan pada penelitian ini adalah tingkat agresivitas siswa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self control dan tingkat agresivitas pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik korelasi menggunakan product moment dari Pearson. Sampel penelitian ini berjumlah 216 siswa diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self control dan agresivitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self control dan tingkat agresivitas pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Artinya semakin tinggi self control maka tingkat agresivitas rendah, semakin rendah self control maka semakin tinggi agresivitas.

Kata kunci: agresivitas, hubungan, self control

 



Full Text:

PDF

References


Auliya, M., & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sma Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Jurnal Psikologi. Vol 2 No 03. http://jurnal.mahasiswa.unesa.ac.id/index.php/char acter/article/view/10992/10520 (diakses 25 Desember 2018, pukul 21.09)

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Surabaya: Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi. Vol 1 No 02. http://www.journal.unair.ac.id/filerPD F/110810241_ringkasan.pdf (diakses 15 September 2018, pukul 16.00).

Anggraini, S. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Sikap Agresivitas Siswa Kelas Xi Sma N 4 Kerinci Tahun Akademik 2015/2016. Universitas Jambi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 1 No 02 http://repository.fkip.unja.ac.id. (diakses 28 November 2018, pukul 21.00)

Averil. (1973). Personal Control Over Aversive Stimuli And Its Relationship To Stress. Psychological Bulletin. Vol. 80, No. 4, 286-303.

Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. The American Psychological Association, Inc.

Fariyah, A. L. (2015). Hubungan antara frustasi dengan agresivitas siswa SMP Negeri 3 SURU. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Psikologi. Vol 3 No 02 http://eprints.ums.ac.id/36503/1/naskahpublika si.pdf. (diakses 15 September 2018, pukul 19. 00)

Hurlock, E. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi kelima). Terjemahan Istiwidianti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Kuntari, R. (2011). Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Agresivitas Remaja. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Psikologi. Vol 3 No 1 http://eprints.ums.ac.id/14545/. (diakses 19 November 2018, pukul 20.00)

Kusumadewi, S., & Hardjajani, T., & Priyatama, A. N. (2012). Hubungan antara kontrol diri dengan kepatuhan terhadap peraturan pada remaja putri dipondol pesantren modern Islam Assalaam Sukaharja. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Jurnal Psikologi. Vol 2 No 03. http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candraji wa/article.(diakses 15 September 2018, pukul 16.00)

Nakhaie, R. M., & Silverman, R. A., & Lagrange, T. C. (2000). Self control and social control: An Examinatioj of gender, etnhicity, claas and delinquency. Canadiaj Journal of sociologi, Vol 1 No 25.

Pujawati, Z. (2016). Hubungan kontrol diri dan dukungan orangtua dan perilaku disiplin pada santri di pondok pesantren Darussa’adah Samarinda. Samarinda: Universitas Mulawarman. Jurnal Psikologi. Vol 1 Nor 03 http://ejournal.psikologi.fisipunmul.ac.id/sit e/wp.(diakses 17 September 2018, pikul 16.00).

Salmi, S., & Hariko, R., & Afdal, A. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Madiun: Universitas PGRI Madiun. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 3 No 06. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/download/2693/1 902.(diakses 15 September 2018, pukul 19.30)

Silaen, A. C., & Dewi, K. S. (2015). Hubungan antara regulasi emosi dengan aggresivitas (studi korelasi pada siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Vol 3 no 06 https://ejournal3.undip.ac.id/index.php /empati/article/download/14912/14427 (Diakses 24 September 2018, Pukul 19.00)

Wahiro, S. A. (2013). Hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas pada remaja Madrasah Aliyah (MA) Pembangunan Lamongan.Undergraduate thesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Psikologi. Vol 1 No 3. http://etheses.uinmalang.ac.id/1783/ ( diakses 25 Desember 2018, pukul 21.06)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.