Hubungan antara Harga Diri dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung

Martini Indriani, Muswardi Rosra, Redi Eka Andriyanto

Abstract


This research aimed to investigate the relationship between self-esteem and social interaction in class X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The research method used a quantitative approach. The sample of this research was 101 students taken by random sampling technique. Data collection techniques used the scale of self-esteem and the scale of social interaction. The data analysis technique applied product-moment correlation. The result of this research showed that there was a relationship between self-esteem and social interaction with a ratio of r count = 0.330> rtable = 0.193, with significance level p = 0.05. It could be concluded that there was a relationship between self-esteem and student social interaction.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 101 siswa diambil dengan teknik Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala harga diri dan skala interaksi sosial. Teknik  analisis data menggunakan korelasi Product Moment.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara harga diri dengan interaksi sosial dengan nilai korelasi = 0,330 > = 0,193  taraf signifikasi p = 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara harga diri dengan interaksi sosial siswa.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, harga diri, interaksi sosial


Full Text:

PDF

References


Andini, D. I. 2019. Pengaruh Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Di Smk Labor Binaan Fkip Unri. Jurnal online mahasiswa. Pekan baru: universitas Riau. Vol 6 no.2 Tahun 2019. (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/24551/23776) diakses pada tahun 2019

Azwar, S 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denissen,J.J.A., Penke,L., Schmitt,D.P., & van Aken,M.A.G. (2008). Self-Esteem Reaction to Social Interactions: Evidence for Sociometer Mechanisms Across Days, People, and Nations. Journal of Personality and Social Psychology, vol 95 no. 1 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18605859) diakses Januari 2019

Fortunela, Melia (2014). Harga Diri Dan Interaksi Sosial Pada Remaja Panti Asuhan Dan Remaja Yang Tinggal Bersama Keluarga Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal karya ilmiah S1. Semarang: Universitas Diponegoro. Vol 3 no 4. Tahun 2014 (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7600) dikses Desember 2018

Hurlock, E.B. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga

Lestari, Eka. 2017. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Harga Diiri (Self Esteem) Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Pekanbaru. Jurnal online mahasiswa. Pekan baru: universitas Riau. Vol 4 No 2 Tahun 2017. (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15830/15364) diakses tahun 2019

Lusiana,I. (2014). Interaksi Sosial Antara Remaja Yang Tinggal Bersama Orang Tua dan Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan. Jurnal Online Psikologi. vol.2 no.1 (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jop/article/view/1842) diakses pada januari 2019

Mesant, Repapul. 2018. Harga Diri Dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Pada Siswa Sma Negeri 7 Pekan Baru. Jurnal online mahasiswa. Pekan baru: universitas Riau. Tahun 2018. Vol 5 no. 2 Juli-Desember 2018. (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/20356/19689) diakses pada tahun 2019

Nisa, D.R. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Siswa Dengan Teman Sebaya Pada Kelas X Di Sma Handayani Pekanbaru T.P 2014/2015 Jurnal online mahasiswa. Pekan baru: universitas Riau. Tahun 2016. Vol 3, No 1 (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/8484/8152) Diakses 2019

Sari, Romanda. 2019. Pengaruh Terapi Assertive Training Terhadap Interaksi Sosial Siswa Dalam Berkomunikasi Melalui Bimbingan Kelompok Di Smk Hasanah Pekanbaru. Jurnal online mahasiswa. Pekan baru: universitas Riau. Vol 6 no. 2 JULI - DESEMBER 2019 Tahun 2019. (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/24506/23735) Diakses 2019

Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi. kafia : PT Raja Grafrndo Persada.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tri haryani (2015). Hubungan Self Esteem Dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas X Mia 1 Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal BK UNISRI. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Tahun 2015. Vol 1, No 1 (2015) (https://jurnal-mahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkipbk/article/viewFile/98/76) diakses Januari 2019

Walgito, B. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Widodo,A.S.,& Pratitis,N.T. (2013). Harga Diri dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Jurnal Psikologi Indonesia, vol.2 no. 2 (http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/100) diakses pada Januari 2019

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.