Hubungan Konformitas Antisosial Dengan Perilaku Bullying Siswa

Junisa Amaliaz, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


This study aimed to study the relationship between antisocial conformity and bullying behaviour in student of SMPN 12 Bandar Lampung. The research used a quantitative method. The research sample was taken by 247 student taken by simple random sampling technique. The data collection technique used peer conformity scale and bullying behaviour scale. The data analysis technique used Product Moment conversion. The result of the research showed that there was a significant positive relationship between antisocial conformity with bullying behaviour with a correlation value of rcount  = 0.524 > rtable = 0.138, then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of the results study was there was a relationship between antisocial conformity and bullying behaviour. It means, the higher the antisocial conformity equals higher probability of bullying behaviour.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas antisosial dengan perilaku bullying pada siswa SMPN 12 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 247 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konformitas antisosial dan skala perilaku bullying. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konformitas antisosial dengan perilaku bullying dengan nilai korelasi rhitung = 0.524 > rtabel= 0.138. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konformitas antisosial dengan perilaku bullying. Artinya semakin tinggi konformitas antisosial maka semakin tinggi perilaku bullying

Kata kunci: bimbingan dan konseling, konformitas antisosial, perilaku bullying

 


Full Text:

PDF

References


Baron, A.R & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial (jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Dwipayanti, I.A.S & Indrawati, R. K. 2014 Hubungan antara Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana Vol 1 No 2, April 2014.

Eldiorita, I. 2016. Effect Of School Competence and School Stress On Bullying Behaviour In Adolescent. Tazkiya: Journal of Psychology Vol 4 No. 1, Maret 2016.

Fitriana. 2016. Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Membolos. Journl Psikologi Vol 1 No 1, Juni 2016.

Hamzah. 2017. Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Siswa di SMP N 2 Bantul. Jurnal Reliabel Vol 5 No 2, Juni 2017.

Hartanto, Y.E. 2007. Latar Belakang Remaja Bergabung dalam Kelompok Indonesian Mitsubishi Owners Club. Jurnal Penelitian Vol 21 No 1, November 2007.

Handayani, W. 2009. Hubungan Antara Faktor - faktor Munculnya Konformitas Kelompok Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMP PGRI 35 Serpong. Journal of Psychology Vol 3 No 2, Maret 2009.

Hartosujono & Sari, N.K. 2015. Perilaku Menyontek Pada Remaja. Jurnal Psikologi Vol 20 No 2. Juli, 2015.

Levianti. 2008. Konformitas dan Bullying pada Siswa. Journal Psikologi Vol 6 No 1. Februari, 2015.

Melda, S. 2017. Faktor-faktor Penyebab Remaja Merokok. Journal Sosiatri-Sosiologi Vol 5 No 4.

Novianty & Putra. 2014. Hubungan antara Konformitas terhadap Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMPN 22 Tangerang. Jurnal NOETIC psikologi Vol. 4. No. 1. Juni, 2014.

Oktaviana, L. 2014. Hubungan Antara Konfromitas dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Vol 1 No 2, Juli 2014.

Pratiwi, P.R. 2016. Hubungan Perilaku Bullying dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas III SDN Minomartini 6 Sleman. Journal Sosial Vol 3 No 2, September 2016.

Rahmayanthi, R. 2016. Profil Konformitas Teman Sebaya Berdasarkan Faktor Demografi. JOMSIGN. Vol 1 No 1, Desember 2016.

Rohman. 2016. Hubungan antara Usia, Tingkatan Kelas dan Jenis Kelamin dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. Malang: Poltekes Kemenkes. Jurnal Pendidikan Kesehatan Vol 4 No 21, Maret 2016.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alafabeta

SEJIWA. 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.