Penggunaan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa

Aji Popowiranta, Ratna Widiastuti, Ashari Mahfud

Abstract


The purpose of the research is to know of using solution focused brief counseling (SFBC) in reducing the students’ academic procrastination. The method in this research was randomized pretest-posttest control group design. The research subjects used an experimental group of 7 students. The results of the Wilcoxcon test showed that the value (Sig) 0.018 < 0.05, so Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the research above, it can be concluded that students’ academic procrastination can be reduced using of solution focused brief counseling (SFBC).

Keywords : academic procrastination, group counseling, solution focused brief counseling (SFBC)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan solution focused brief counseling (SFBC) dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 7 orang siswa. Hasil uji Wilcoxcon menunjukan nilai (Sig) 0.018 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prokrastinasi akademik siswa dapat dikurangi dengan menggunakan konseling kelompok solution focused brief counseling (SFBC).

Kata kunci : konseling kelompok, prokrastinasi akademik, solution focused brief counseling  (SFBC)


Full Text:

PDF

References


Alvira, S. 2013. Pengaruh Layanan Pe-nguasaan Konten dengan Teknik Percontohan Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII SMAN 3 Sragen. Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta. Vol.3, No. 1 Tahun 2013. Diambil dari http://jurnalmahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkipbk/article/viewFile/548/482. Diakses pada 5 Juli 2018.

Arikunto, S. 2010. Prodesur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Corey, G. 2013. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Erfantinni, I. H., Purwanto, E., & Japar, M. 2016. Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol.5 No. 2 Tahun 2016. Diambil dari file:///C:/Users/acer/Downloads/14029-Article%20Text-28204-2-10-20170516%20(1).pdf. Diakses pada 22 Agustus 2018.

Gladding, S. T. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks.

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. 2015. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Vol. 1, No. 2 Tahun 2015. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/621. Diakses pada 1 September 2018.

Miraningsih, W. 2013. Pengaruh Interaksi Sosial Dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI di MAN Purworejo. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 3 Tahun 2013. Diambil dari https://lib.unnes.ac.id/17318/1/1301408033.pdf. Diakses pada 23 Agustus 2018.

Rosita, I. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Vol. 1, No. 2 Tahun 2014. Diambil dari http://rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/142/140. Diakses pada 16 Agustus 2018.

Rumiani, R. 2016. Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip. Vol.3, No. 2 Tahun 2016. Diambil dari https://www.neliti.com/publications/128210/prokrastinasi-akademik-ditinjau-dari-motivasi-berprestasi-dan-stres-mahasiswa .Diakses pada tanggal 18 Januari 219.

Sholikhah, L. D., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. 2017. Model Konseling Kelompok dengan Teknik Penguatan Positif untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 6, No. 1 Tahun 2017. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/17438. Diakses pada 10 Februari 2019.

Syarif, K. 2014. Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Solution Focused Brief Counseling dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Medan. Skripsi. Universitas Negeri Medan. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/4794/1/Fulltext.pdf. Diakses pada 12 Februari 2019.

Zakiyah, N., Nuzulia, F., & Setyawan, I. 2010. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi. Vol, 8 No. 2 Tahun 2010. Diambil dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2960. Diakses pada 20 Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.