Hubungan Tingkat Pendidikan dan Tingkat Penghasilan Orang Tua terhadap Aspirasi Melanjutkan Studi

Ayu Selfi Anjani, Syarifuddin Dahlan, Shinta Mayasari

Abstract


This study aims to find out how significant the relationship between the level of education and the level of income of parents towards the aspirations of continuing studies of 11th grade students at SMA Negeri 10 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. The method used in this research was quantitative. The population of the study was 250 students and the sample was 50 students taken by cluster sampling technique. In collecting the data, questionnaire was used. Data analysis techniques used partial test and multiple correlation test. The result show that there is relationship between Education Levels and Parents’ Income Levels on Aspiration to Continue Study of 11th Class Students at SMA Negeri 10 Bandar Lampung Academic Year  2018/2019 simultaneously and partially as well, indicated by rhitung 0.483, then rcount>rtable (0.483 > 0.278) and the significance value is 0.000 (0.000 < 0.05).

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkat penghasilan orang tua terhadap aspirasi melanjutkan studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 250 siswa dan sampel penelitian berjumlah 50 siswa diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji parsial dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan tingkat penghasilan orang tua terhadap aspirasi melanjutkan studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019 secara simultan dan parsial, ditunjukkan dengan nilai rhitung 0.483, maka rcount>rtable (0.483 > 0.278) dan nilai signifikansinya adalah 0.000 (0.000 < 0.05).

Kata kunci: aspirasi melanjutkan studi, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan orang tua


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Anjarsari, R. O. 2013. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Penghasilan dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 5 Madiun Tahun Ajaran 2012/2013. In FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi. Vol. 1, No. 2 Tahun 2013.

Apollo, H. 2015. Pengaruh Tingkat Penghasilan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 4 Tahun 2015.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Ayuni, A. N. 2015. Kematangan Karir Siswa Kelas XI ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Keadaan Ekonomi Keluarga di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Vol. 4, No. 11 Tahun 2015.

Azwar, S. 2007. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. 2016. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Vol. 1, No. 3 Tahun 2016.

Fitrianingsih, F., & Rosyid, R. 2016. Pengaruh Pendapatan Orang Tua terhadap Tingkat Pendidikan Anak Desa Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol. 5, No. 5 Tahun 2016.

Hadiyanto, H. 2017. Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 2, No. 2 Tahun 2017.

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Isti Widayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga (Edisi ke-5).

Julaiha. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 2 Tahun 2015.

Pandia, W. S. S. 2007. Status Identitas Ego, Orientasi Karier, dan Aspirasi Karier Remaja Perempuan. Universitas Katolik Atma Jaya: Jurnal Psikologi. Vol. 20, No.2.

Purwanto, N. 2004. Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rini, E. S. 2012. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol. 1 No. 2 Tahun 2012.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triwahyuningsih, D., & Purwoko, B. 2004. Penerapan Strategi Pengambilan Keputusan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memilih Studi Lanjut Siswa. Jurnal Alumni Prodi BK FIP Unesa dan Staf Pengajar Prodi BK FIP Unesa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.