Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakulikuler Dengan Kesiapan Karir (Career Readness) Siswa

Marise Fatimah, Ratna Widiastuti, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The problem in this study is students career preparediness is low. The purpose of this study is to find out the connection between extracurricular activities and the student’s career readiness at the twelve grade students of Taman Siswa Teluk Betung High School. The method used in this study is a correlational method with population of 95 students and the sample is all students taken by simple random sampling technique. The results showed that there was a connection between extracurricular activities and students career readness. Based on the data analysts using product moment correlation obtained by rxy= 0.278> rtable= 0.202 and p= 0.006 <p= 0.05 related positive and significant because rxy > rtable and p<0.05 Ho is refused and Ha is accepted. In conclusion, there is a significant connection between extracurricular activities and the student’s career reaness in class XI SMA Taman Teluk Betung . The more active students participate in extracurricular activities, the better the career readiness of students in the future.

Masalah dalam penelitian ini adalah kesiapan karir yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler dengan kesiapan karir (career readiness) siswa kelas XI SMA Taman Siswa Teluk Betung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode korelasional dengan sampel seluruh siswa yaitu 95 siswa yang diambil secara teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kegiatan ekstrakurikuler dengan kesiapan karir (career readiness) siswa hal ini ditunjukkan hasil analisis data menggunakan korelasi product moment yang diperoleh rhitung= 0,278 > rtabel= 0,202 dan p = 0,006<p= 0,05 Dikatakan berhubungan positif dan signifikan karena rhitung>rtabel dan p< 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dengan kesiapan karir (career readiness) kelas XI SMA Taman Siswa Teluk Betung. Semakin aktif siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler maka semakin baik pula kesiapan karir siswa kedepan.

Kata kunci: hubungan, kegiatan ekstrakurikuler, kesiapan karir (career readness)


Full Text:

PDF

References


Anggrayani, A. 2017. Hubungan Regulasi Diri (Self Regulation) Dalam Belajar Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung. Skripsi. FKIP, Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung Diambil dari http://digilib.unila.ac.id/29394/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada tanggal 9 Mei 2018.

Atmaja, T. T 2014. Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. Jurnal Psikopedagogia, Volume 3, Nomor 2, 58-68. Diambil dari http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/download/4466/2805. Diakses pada tanggal 15 Mei 2018.

Gapi, B. 2015. Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY" Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA". Fakultas Ekonomi UNY. 430-442 9 Mei 2015. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/21930/1/40%20Bernadus%20Gapi.pdf. Diakses pada tanggal 12 Mei 2018.

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Belajar dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konselor, Volume 2, Nomor 1, 27-31. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/download/729/600. Diakses pada tanggal 16 Juni 2018.

Nugroho, D & Ardian, A. 2015. Pengaruh Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dan OSIS Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 3, Nomor 2, 123-130. Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mesin/article/view/3267. Diakses pada tanggal 15 Juni 2018.

Nugraha. Z. A. 2017. Hubungan Antara Keaktifan Ekstrakurikuler Dengan Kedisiplinan Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Purwantoro. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/83146623.pdf. Diakses pada tanggal 18 Juni 2018.

Nurmaulidya, E. 2013. Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Pembentukan Soft Skill Peserta Didik di SMA Negeri 6 Bandar Lampung Tesis. Pascasarjana Universitas Lampung. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/40967-IDkegiatan-ekstra-kurikulerdanpembentukan-soft-skill-peserta-didik-disma.pdf. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018.

Partino, H. R. 2006. Kematangan Karir Siswa SMA. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 11 (21), 37-50. Diambil dari https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/download/281/7381. Diakses pada tanggal 16 Juni 2018.

Prasetyo, A. N. 2014. The Influence of Practice Facilities dan Practice Learningin Motivation Toward The Imporvement of Learning Achievemtn of Hydrolic System Among The Eleventh Grade Students of SMK Takahus Wonosobo. Jurnal Taman Vokasi, Volume 2, Nomor 1, 1-21 2014. Diambil dari http://jurnal.ust-jogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/download/221/90. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018.

Rizki, U. Y. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar dengan Optimisme Mengerjakan Ujian. Educational Pyschology Journal, Vol 2 No 1 2013, 49-56. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2586/2376. Diakses pada tanggal 15 Juni 2018.

Rosara, D. B. 2018. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Kristen 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, Vol. 4, No. 1 2018. Diambil dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/download/11984/8539. Diakses pada tanggal 1 Juli 2018.

Sinta, V. B. 2017. Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 1, Nomor 1, 2017. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/168578-ID-pengaruh-kesiapan-belajar-terhadap-hasil.pdf. Diakses pada tanggal 1 Juli 2018.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K. 1993 Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yanti, N. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, 963-970 Mei 2016. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/120795IDpelaksanaan-kegiatanekstrakurikulerdal.pdf. Diakses pada tanggal 30 Juni 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.