Analisis Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
The problem in this research is many students do bullying behavior. This study aims to analyze students bullying behavior in SMA 15 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. The method used in this study was Quantitative Descriptive. The technique of collecting data used was the Bullying Behavior Questionnaire and data analysis techniques using Percentage Descriptive Analysis. The sample of this study was 149 students from 740 people who were taken randomly using Simple Random Sampling and Microsoft Office Excel. The results show that 143 students (96%) carried out bullying behavior. The most bullying behavior carried out by the students is verbal bullying, which is done by 139 students (93%). Based on the results of data analysis, almost all students do bullying behavior and the form of bullying behavior that most students do is verbal bullying.
Masalah dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang melakukan perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perilaku Bullying siswa SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Deskriftif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket Perilaku Bullying dan teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Persentase. Sampel penelitian ini sebanyak 149 siswa dari 740 orang populasi yang diambil secara acak menggunakan Simple Random Sampling dengan bantuan Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 143 siswa (96%) melakukan perilaku bullying. Perilaku bullying yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah bullying verbal, yaitu 139 siswa (93%). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hampir keseluruhan siswa melakukan perilaku bullying dan bentuk perilaku bullying yang paling banyak dilakukan siswa yaitu bullying verbal.
Kata kunci: bullying elektronik, bullying fisik, bullying relasional, bullying verbal, perilaku bullying
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Coloroso, B. 2002. The Bully, The Bullied And The Bystander: From Preschool to High School How Perents and Teacher Can Help Break The Cycle Of Violence. Diambil dari https://books.google.co.id.how/parents/and/teacher/can/little/break/the/cycle/of/violence. Diakses pada tanggal 03 Januari 2018.
Cynantia. 2012. Bullying Dalam Dunia Pendidikan. Diambil dari Stkippasundan.ac.id+2012+11_05+bullying+dalam+dunia+pendidikan/. Diakses pada tanggal 25 Mei 2013.
Destika, Y. 2015. Hubungan Antara Kelekatan Tidak Aman Dengan Kecendrungan Prilaku Bullying. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadyah Surakarta. Diambil dari http://eprints.ums.ac.id/37465/17/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diakses pada tanggal 17 September 2015.
Marela, G, Wahab, A & Marchira, C. 2017. Bullying Verbal Menyebabkan Depresi pada Remaja SMA di Kota Yogyakarta. Diambil dari https://journal.ugm.ac.id./bkm/article//downlod/8183/20337. Diakses pada tanggal 1 Januari 2017.
Hendriati, A. 2006. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: PT Refika.
Hermalinda, Deswita & Oktariana, E. 2017. Hubungan Karakteristik Remaja dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMP di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Soedirman. Diambil dari jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/download/677/399. Diakses pada tanggal 1 Maret 2017.
Putri, H, Nauli, F & Novayelinda, R. 2015. Faktor–Faktor yang Ber-hubungan dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/187389-ID-faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-per.pdf. Diakses pada tanggal 02 Oktober 2015.
Irel, I. 2017. Hubungan Sense of Self dengan Kecendrungan Perilaku Bullying pada Siswa SMA di Jakarta. Diambil dari http://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/view/977/671. Diakses pada tanggal 16 Juni 2017.
Karina, Hastuti, D & Alfiasari. 2013. Perilaku Bullying dan Karakter Remaja Serta Kaitannya dengan Karakteristik Keluarga dan Peer Group. Jurusan Ilmu Keluarga & Konseling Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Diambil dari http://journal.ipb.ac.id/index.phpjikk/article/view/7700/5963. Diakses pada tanggal 20 Januari 2013.
Purnaningtiyas, F & Masykur, A. 2015. Konsep Diri dan Kecendrungan Bullying pada Siswa SMK Semarang. Jurnal Empati Universitas Diponegoro. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14317/1384. Diakses pada tanggal 04 November 2015.
Sari, Y, & Azwar, W. Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di Smp Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. Diambil dari file:///C:/Users/berkah.com/ Downloads/2366-5012-1-SM%20.pdf. Diakses pada tanggal 15 November 2017.
Sintasari, N. 2017. Persepsi Tentang Perilaku Bullying Ditinjau dari Jenis Kelamin. Laporan Penelitian Internal Universitas Eka Unggul. Diambil dari http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Research-9436 16_0060.pdf. Diakses pada tanggal 04 November 2017.
Sugiyono. 2017. Metedologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sugmalestari. A. 2016. Hubungan Jenis Kelamin dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. Naskah Publikasi Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyiyah. Diambil dari http://digilib.unisayogya.ac.id/2025/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diakses pada tanggal 24 November 2017.
Tumon, M. 2014. Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Diambil dari http://journal.subaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1520 Diakses pada tanggal 01 Maret 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.