Penggunaan Konseling Gestalt Untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa

Nisfhi Laila Sari, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The problem in this study is the low level of students' self-awareness. The purpose of this study was to determine the improvement of self-awareness by using gestalt counseling. The method used in this research was descriptive qualitative using case studies. The research subjects consisted of three students. The data collection technique was carried out by using counseling interviews. The results showed that gestalt counseling could improve the level of  the students' self-awareness. It was proved by the behavioral change in the three subjects after being treated by using gestalt counseling; being aware of his physical condition, being aware of his abilities, and not being dependent on others. The conclusion of this study gestalt counseling can increase self-awareness of class XI students of Bandar Lampung SMA Negeri academic year of 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah self awareness siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self awareness dengan menggunakan konseling gestalt. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak tiga siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling gestalt dapat meningkatkan kesadaran diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling gestaltyaitu: sadar akan keadaan fisiknya, sadar akan kemampuannya, dan tidak bergantung pada orang lain.Simpulan penelitian ini adalah konseling gestalt dapat meningkatkan kesadaran diri siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, kesadaran diri, konseling gestalt


Full Text:

PDF

References


Corey, G. 2013. Teori & Praktek Kon-seling & Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Dariyo, A. 2016. Peran Self Awareness dan Ego Support terhadap Kepuasan Hidup Remaja Tionghoa. Jakarta: Universitas Tarumanagara Jakarta. Volume: 2 Nomor 1. Diambil dari https://journal.unika.ac.id.254274. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2018.

Goleman, D. 2003. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. 2005. Psikologi Perkem-bangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Volume 2 Nomor 1. Diambil dari https://www.ejurnal.com/2017/03/hubungan-antara-du-kungan sosial.html. Diakses pada tanggal 11 September 2018.

Jannah, M. 2016. Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangannya dalam Islam. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Vol. 1 Nomor 1. Diambil dari jurnal.arraniry-.ac.id/index.php/Psikoislam/article/download/1493/1091. Diakses pada tanggal 12 September 2018.

Laila M dan Meri M. 2016. Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lam-pung. Lampung: IAIN Raden Intan Bandar Lampung. Volume: 3 Nomor 1. Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli. Diakses pada tanggal 11 Sepetember 2018.

Larasari, G. 2014. Kenakalan Remaja Akibat Kelompok Per-temanan Siswa. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. Volume: 1 Nomor 2. http://repository.upi.edu/-17347/5/S_SM_0906583_chapter3.pdf. Diakses pada tanggal 10 November 2018.

Nyoman, I. 2014. Penerapan Konseling Gestalt dalam Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Volume: 2 Nomor 1. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/249692.denganteknik acbcetes.pdf. Diakses pada tanggal 10 November 2018.

Widiyanto, R. 2015. Mendeskripsikan atau Menggambarkan Peristiwa, Perilaku atau Keadaan Tertentu Secara Rinci dan Mendalam Tentang Guru Kelas Sebagai Pelaksanaan Bimbingan Konseling dalam Penanganan Peserta Didik Slow Learning Kelas V-A di SD N Gadingwatu, Menganti Gresik. Jawa Timur: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Volume: 1 Nomor 1. Diambil dari http://wwwdigilib.uinsby.ac.id/2605/6/Bab%203.pdf. Diakses pada tanggal 2 September 2018.

Yusti E. 2015. Mengeksplor Fenomena Proses Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Penyelenggaraan Kantin Kejujuran di SD Negeri 3 Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Jawa Tengah: Universitas Negeri Yogjakarta. Volume: 1 Nomor 1. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/14815/3/BAB%20III.pdf. Diakses pada tanggal 20 November 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.