Peningkatan Kedisiplinan di Sekolah Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Teknik Percontohan

Akmal Syarif, Syarifuddin Dahlan, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The problem of the research is the student’s dicipline in the school. The set of the problem of the research is what group counseling exampling technique. The purpose of the research is to know the use of group counseling exampling technique in improving the student’s dicipline in the school. The research using the quasi experiment method with pretest posttest design. The subjects of the research as much 21 students who have diverse the dicipline. The data collecting technique of the research using observation. The data analysis of the research using paired sample t test. The result of the research showing that the group counseling exampling technique can using to improve the student’s dicipline. It’s show from improving the student’s dicipline in the school amounting to 45.28 % and the result of data analysis with using paired sample t-test, obtained tcount > ttable (22.267 > 2.086). So, Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of the research is the group counseling exampling technique can using to improving the student’s dicipline class X SMA Negeri 6 Bandar Lampung in academic year 2017/2018.

Masalah penelitian ini adalah kedisiplinan siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok teknik percontohan dalam meningkatan kedisiplinan siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest design. Subjek penelitian sebanyak 21 siswa yang memiliki kedisiplinan beragam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik percontohan dapat digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Ini ditunjukkan dari peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah sebesar 45.28% dan hasil analisis data dengan menggunakan paired sample t-test, diperoleh thitung > ttabel (22.267 > 2.086) maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah konseling kelompok teknik percontohan dapat digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: disiplin siswa, konseling kelompok, teknik percontohan


Full Text:

PDF

References


Boy, Tamara. 2015. Peningkatan Kedisiplinan di Sekolah Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014-2015. (http://digilib.unila.ac.id/13148/).

Desiawati, Ni Putu. 2014. Penerapan Konseling Kognitif Sosial dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Etika Sosial Pada Siswa Kelas Xicap Smk Negeri 1 Singaraja. e-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Vol. 2(1), 1-11 (https://media.neliti.com/media/publications/247140-penerapan-konseling-kognitif-sosial-deng-c0858978.pdf).

Fonaya, Ivana Yudiastri. 2015. Peningkatan Disiplin Siswa Di Sekolah Menggunakan Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavior Di SMP Negeri 1 GadingRejo Tahun Pelajaran 2014/2015. (http://digilib.unila.ac.id/14795/).

Koesoema. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak dizaman Global. Jakarta: PT Grasindo.

Komang, Desak. 2016. Penerapan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Disiplin pada Anak Usia 5-6 tahun. e-Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 4(3) 1-10 (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/8835/5713).

Mawarto. 2014. Efektivitas Konseling Kelompok dengan Memanfaatkan Model Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI Mia 3 SMAN 8 Surakarta. e-Jurnal Scholaria, Vol. 6 (1) 102- 116 (https://www.researchgate.net/publication/315174746/).

Nur Hidayah, Arif. 2017. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Percontohan Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII SMAN 3 Sragen. e-Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, Vol. 3(1) 78-89. (http://jurnalmahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkipbk/article/viewFile/548/482).

Repita, Luh Eka. 2016. Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Bermasalah Oppositional Defiant Pada Anak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 4(2) 1-12. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7635).

Rosita, Ita. 2014. Meningkatkan Kedisipinan Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling. e-Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 16(2) 46-51. (http://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/142/140).

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.