Penggunaan Layanan Informasi dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Ade Erryanti Septiyaningsih, Ratna Widiastuti, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The research problem was whether the information service discussion method can be used to increase student’s learning motivation. The purpose of the study was to determine the increase in learning motivation by using the information service discussion method at the eighth grade of SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Academic Year of 2018/2019. The method used in this study was the Quasi Experiment method with Pretest and Posttest Design. The research subjects were 20 students who had low learning motivation. The data were obtained by using learning motivation scale. The results of data analysis using the Wilcoxon Matched Pairs Test, obtained zvalue= -3.922 < ztable = 1.645, then Ho was rejected and Ha was accepted. Conclusion of research is information service with discussion method could be used to increase learning motivation at the eighth grade of SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019.

Permasalahan penelitian adalah Apakah layanan informasi metode diskusi dapat dipergunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan layanan informasi metode diskusi pada siswa kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan Pretest and Posttest Design.Subjek penelitian sebanyak 20 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh zhitung= -3,922 <ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah layanan informasi dengan metode diskusi dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci:  bimbingan dan konseling, layanan informasi metode diskusi, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Agung, P. T. 2017. Efektivitas Layanan Informasi Melalui Komik Edukasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI Ma’arif Grabag Magela-ng. Jurnal Konseling GUS-JIGANG Vol. 3 No. 1 (Januari-Juni 2017) Yogyakarta. Diambil dari https://scholar.google.co.id/citations?user=gpm9ULcAAAAJ&hl=id. Diakses pada 09 Januari 2018.

Desyafmi, H. 2014. Peningkatan Moti-vasi Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi. Penelitian pada siswa kelas VII MTsN Sei Jambu. Volume 3 Num-ber 1 March 2014 ISSN: 1412-9760 Padang. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/318443884_Peningkatan_Motivasi_Siswa_dalam_Menyelesaikan_Tugas_Melalui_Layanan_Informasi. Diakses pada 12 Maret 2018.

Firman. 2014. Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi. Penelitian pada siswa kelas VII MTsN Sei Jambu. Volume 3 Number 1 March 2014 ISSN: 1412-9760 Padang. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/318443884_Peningkatan_Motivasi_Siswa_dalam_Menyelesaikan_Tugas_Melalui_Layanan_Informasi. Diakses pada 12 Maret 2018.

Fitri, E. 2016. Efektivitas Layanan Informasi dengan Mengguna-kan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 2 Nomor 1 Juni 2016. Hal 84-92p-ISSN: 2443-2202 e-ISSN: 2477-2518. Padang. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/2250. Diakses pada 28 Maret 2018.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartinah, G. 2016. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJI-GANG Vol. 2 No. 2 (Juli-Desember 2016).Pontianak. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/106735IDupayameningkatkanmotivasi-belajar-sisw.pdf. Diakses pada 28 Maret 2018.

Ifdil. 2016. Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 2 Nomor 1 Juni 2016. Hal 84-92p-ISSN: 2443-2202 e-ISSN: 2477-2518. Padang. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/2250. Diakses pada 28 Maret 2018.

Ilyas, A. 2013. Layanan Informasi Oleh Guru BK untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Penginformasian Hasil Tes Intelegensi. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013 Padang. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1182/1019. Diakses pada 02 Mei 2018.

Kusri, A. M. 2016. Pengaruh Layanan Informasi Peminatan terhadap Kemantapan Pilihan Sekolah Lanjutan. Jurnal Psikologi, Pendidikan, & Konseling. 2 (1), 49-57. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/2063. Diakses pada 28 Maret 2018.

Nasrul, A. 2014.Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Informasi dengan Tehnik Game.Vol. 2 No. 1, Oktober 2014. Semarang. Diambil dari http://ejournal.ikipveteran.ac.id/index.php/kes/article/view/324 Diakses pada 02 Mei 2018.

Neviyarni. 2016. Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkat-kan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Ko-nseling Volume 2 Nomor 1 Juni 2016. Hal 84-92p-ISSN: 2443-2202 e-ISSN: 2477-2518. Padang. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/2250. Diakses pada 28 Maret 2018.

Prayitno. 2004. Seri Layanan Konse-ling: Layanan Informasi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sukma, D. 2013. Layanan Informasi Oleh Guru BK untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Penginformasian Hasil Tes Intelegensi. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013-Pa-dang. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1182/1019. Diakses pada 02 Mei 2018.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ummah, K. 2013. Layanan Informasi Oleh Guru BK untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Penginformasian Hasil Tes Intelegensi. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013 Padang. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1182/1019. Diakses pada 02 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.