Peningkatan Komunikasi Interpersonal Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Assertive Training pada Siswa

Fitriani Fitriani, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem of this research aimed to reveal whether interpersonal communication could be improved through group guidance on assertive training techniques. This study aimed to investigate whether there is an increase in interpersonal communication through assertive training techniques group guidance services of the eighth grade students of Junior High School 1 Gisting in Academic Year of 2017/2018. The method used in this research was the quasi experimental method with one group pretest-posttest design. This research used the scale of interpersonal communication as the data collection techniques. For the data analysis technique, this research used Wilcoxon Matched Pairs Test. The results show the calculation that Zvalue= - 2.521 or less than Ztable = 1.645. Thus, Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of this research reveals that group guidance service of assertive training technique could be used to improve interpersonal communication in the eighth grade students of Junior High School 1 Gisting in Academic Year of 2017/2018.

Permasalahan penelitian adalah apakah komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok teknik assertive training. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan komunikasi interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok teknik assertive training pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gisting tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan one group pretes-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh hasil Zhitung = - 2,521 hasilnya kurang dari Ztabel =  1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah penggunaan bimbingan kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gisting tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: assertive, bimbingan kelompok, komunikasi interpersonal


Full Text:

PDF

References


Adler, R. B and Rodman, G. 2003. Understanding Human Cum-munication (Kuminikasi Insani). Terjemahan: Setiadi, A. Jakarta: Professional Books.

Alberti, R., & Emmons, M. 2001. Your Perfect Right (Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur Pada Diri Sendiri) Terjemahan: Buditjahja, U. G. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Azia.P. 2015. Peningkatan Kemam-puan Komunikasi Interper-sonal Pada Siswa Sekolah. Jurnal Intervensi Psikologi. 7(2):2015. (https://media.neliti.com/media/publications/104524-ID peningkatan-kemampuan-komunikasi-interpe.pdf). Diakses pada 11 Mei 2018.

Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT.Refika Aditama.

Enjang, A.S. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.

Gunarsih, S. D. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.

Kirst, L. K. 2011. Investigating The Relationship Between Asserti-veness And Personality Cha-racteristics. Thesis, Psikologi, University of Central Florida. University of Central Florida: Florida. (http://etd.fcla.Edu/CF/CFH0004071/Kirst_Laura_K_201205_BS.-pdf). Diakses pada 24 Oktober 2018.

Muzainah., Elisabeth, C., Titin, I. P., & Muhari. 2012. Mening-katkan kemampuan komunikasi interpersonal dengan menggu-nakan latihan asertif pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Kokop Bangkalan. Jurnal BK UNESA Volume 1 Edisi 2, 136-142 Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (http://jurnal-mahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/view/ 2780). Diakses pada 11 Mei 2018.

Nurul, H & Tri, P. A. 2015. Pengaruh Pelatihan Asertivitas Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa:Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Empati. Vol 4 No 1, 130-133 Semarang: Universitas Diponegoro. (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13129). Diakses pada 24 Oktober 2018.

Nursalim dan Trisnaningtyas. 2010. Online. Penerapan Latihan Asertif untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Psikologi. (https://ejournal.undik-sha.ac.id/index.php/JPP/article/download/4228/3299). Diakses pada 22 Mei 2018.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: FIP UNP.

Dharmayanti, Putu, Ari. 2013. Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 46, Nomor 3, Oktober 2013, hlm. 256-265. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/4228/3299). Diakses pada Oktober 2018.

Rahmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiono, V., & Pramadi , A. 2005. Pelatihan Asertivitas dan Pe-ningkatan Perilaku Asertif Pada Siswa-Siswi. Anima Indonesian Psychology Journal, 20 (2), 149-148 (www.anima.ubaya.ac.id/class/openpdf.php?file=1350464574.pdf). Diakses pada 26 Oktober 2018.

Sinok, D, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Inter-personal Melalui Assertive Training pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013-/2014. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. III No. 1. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/7054/90/731). Diakses Pada 10 Oktober 2018.

Sulistiyana. 2016. Upaya Mening-katkan Komunikasi Interper-sonal Menggunakan Latihan Asertif Di SMP Negeri BanjarBaru. Jurnal Konseling GUS-JIGANG. Vol. 2 No.1 Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat (http://jurnal.umk-.ac.id/index.php/gusji-gang/article/view/552). Diakses pada 22 Mei 2018.

Riska, A. N. F., Husnul, M., & Didi, S. 2017. Meningkatkan Ke-mampuan Komunikasi Inter-personal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Trai-ning. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia. Vol 3 No 3 Kalimantan: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asyad AL. Banjarmasin (https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/AN-NUR/arti-cle/view/1232). Diakses pada 10 April 2018.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.