HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR

Halen Dwistia, Syaifuddin Latif, Ratna Widiastuti

Abstract


The aim of this research to know the correlation of social interaction through learning achievement at second grade of MTs Negeri 1 Kotabumi on academic year 2012/2013”. The method used was descriptive correlation. The sample of research were 45 students. Data collecting technique in this research was sociometri. The result of data analysis used Product Moment Pearson with SPSS software 17.0 shows that the correlation is r=0,684, p < 0,05, therefore Ho is rejected and Ha is accepted. This result shows that there was any strong correlation of students’ social interaction through learning achievement.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan prestasi belajar peserta didik pada kelas VIII MTs Negeri 1 Kotabumi tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Sampel penelitian sebanyak 45 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan sosiometri. Hasil analisis data menggunakan korelasi Product Moment Pearson, dengan bantuan softwares SPSS 17.0 diperoleh korelasi sebesar r=0,684, p < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan ada hubungan positif yang kuat antara interaksi sosial dengan prestasi belajar peserta didik.

 

Kata kunci : hubungan, interaksi sosial, prestasi belajar



Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan W. Supriyono. 2008. Psikologi Belajar (Edisi Revisi II). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ali, M. dan Asrori, Muhammad. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rohayati, I. 2011. Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jakarta. http://jurnal.upi.edu/file/36-ICEU_ROHAYATI.pdf (di akses pada tanggal 29 Mei 2013).

Soekanto, S. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PR Raja Grafindo Persada.

Subagyo, P.J. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukardi, D.K. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.