Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Self Esteen Siswa

Refiyana Refiyana, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem of this research was the low of students self esteem. The aims of this study was to find out whether the use group counseling service assertive training technique improves the students self esteem on class VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung in academic year 2017/2018. This research method was pre-experimental with time series design. The subjects in this research were 8 students. The data collecting technique was using self esteem scale. The results of the data were analyzed from pretest and posttest of self esteem using wilcoxon test. The result of statistics analysis show that  the value of Zcount = -2,521 < Ztable = 1,645, so it can be concluded  that Ho was rejected and Ha was accepted. It means that group counseling service assertive training technique can be used to improve students self esteem.

Masalah penelitian ini adalah self esteem siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem pada siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan time series design. Subyek penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil analisis data dari pretest dan posttest self esteem menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis statistik menunjukan nilai Zhitung = -2,521 < Ztabel = 1,645, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Ini artinya layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat digunakan untuk meningkatkan self esteem siswa.

Kata kunci: assertive training, konseling kelompok, self esteem


Full Text:

PDF

References


Amir, A.M. 2009. Penerimaan Dinamika Kelompok. Jurnal Academica. ISSN. 1411-3341.

Asytharika. 2016. Peningkatan Harga Diri (Self Esteem) Dengan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Lampung: BK FKIP UNILA.

Corey, A. 2009. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Penerjemah E. Koswara. Edisi Keempat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Dachmiati. S dan Amalia. R. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 3 (2): 2356-2099.

Giyono. 2015. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Media Akademi.

Ikbal, M dan Nurjannah. 2016. Peningkatan Self Esteem Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Pada Peserta didik Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. ISSN 21: 2355-8539.

Mayasari, D. 2011. Penggunaan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Lampung: BK FKIP UNILA.

Mujiati, 2015. Peningkatan Self Esteem Siswa Korban Bullying Melalui Teknik Assertive Training. Jurnal Fokus Konseling. 1 (1): 162865-ID.

Nurihsan, A.J dan Agustin, M. 2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Rahmini. 2016. Membuat Modul Assertive Training. Diperoleh 5 Mei 2018, http://akademia.com/membuat-modul-assertive -training.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D.K. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Renaka Cipta.

Sulistyowati, W dan Warsito, H. 2010. Penerapan Konseling Realita Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 11 (1).

Syabibah, S. 2013. Pengembangan Program Bimbingan Priabadi-Sosial Berdasarkan Profil Harga Diri (Self Esteem) Peserta Didik. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Pratiwi, A. 2013. Penggunaan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1 (1) : 2070-4154.

Utari, R. 2007. Upaya Sekolah Dalam Pembentukan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran. Jakarta: Dinamika Pendidikan.

Windaniati, 2013. Meningkatkan Self Esteem Siswa Melalui Teknik Asertif Training Pada Siswa Kelas XI TMO 1 SMK Negeri 7 Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 30 (2): 5679-1218.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.