Meningkatkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknik Assertive Training Pada Siswa

Erika Yulianti Safitri, Ratna Widiastuti, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The topic of this research was the low level of self-confidence of students in learning. The problem in this study was "Could assertive training technique increase self-confidence in student learning?". The purpose of research was to increase students' self-confidence in student learning using assertive training techniques. The method used in this study was Quasi Experimental with One-Group Pretest-Posttest design. The subjects of this study were 6 students who had low confidence in learning. The data collection technique in this study was using a scale. The results showed self-confidence that the students had in learning could be improved through assertive training using the Wilcoxon test, from the results of the analysis of post-test data obtained by Zhitung = -2,201<Ztabel  0,05 = 1,645. Thus, Ha was accepted, it can be concluded that students' self-confidence in the learning of class X students can be improved using assertive training techniques at SMK Negeri 4 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019.

Masalah penelitian ini adalah kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah teknik assertive training dapat meningkatkan percaya diri dalam pembelajaran siswa?”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran siswa dengan menggunakan teknik assertive training. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa yang memiliki kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui teknik assertive training menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil analisis data post-test diperoleh  Zhitung = -2,201 < Ztabel  0,05 = 1,645. Dengan demikian, Ha diterima, artinya bahwa kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran siswa kelas XI dapat ditingkatkan menggunakan teknik assertive training di SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, konseling kelompok, assertive training, dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Adi, F. 2017. Peningkatan Keberanian Siswa Berbicara Dalam Diskusi Kelas Menggunakan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018. Bandar Lampung: Universitas Lampung.Volume 6 No 1. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila. ac.id/index.php/ALIB/article/viewfile/14826/10799. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Apriani, I. 2013. Peningkatan Kepercaya Diri Dalam belajar Dengan Menggunakan Teknik Assertive Training Pada Siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila. ac.id/index.php/ALIB/article/view/16489/0. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Ardi, R. 2013. Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Pelatihan Asertif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. IV No. 1. Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ jurnal/edisi/1082/90. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Ary, Y. 2016. Peningkatan Percaya Diri Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Pada Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Hal. 102. Diambil dari http://jurnal.fkip. unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/16489/11862. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Corey, G. 2010. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi (penerjemah Mulyarto). Semarang: IKIP Semarang Press.

Devita, L. 2016. Peningkatan Percaya Diri Menggunakan Layanan Konseling Kelompok (Role Playing) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diambil dari digilib.unila.ac.id> Bimbingan-konseling. Diakses pada 27 Oktober 2018.

Dewangga, I. 2017. Penggunaan Konseling Rational Emotif Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas Vii Di SMP Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila. ac.id/index.php/ALIB/article/view/16489/0. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hidayah, Z. 2014. Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Therapy. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Volume 3 No 1. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac. id/index.php/ALIB/issue/view/233. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Kamil, B. 2017. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik SMP Dengan Menggunakan Teknik Assertive Training. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Vol. 5 No. 1 ISSN: 2089-9955; e-ISSN: 2355-8539. Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/ index.php/konseling. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Saidah, N. 2014. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Akselerasi Di MAN 1 Model Bojonegoro. Malang: Universitas Islam Negeri. Diambil dari etheses. uin-malang.ac.id. Diakses pada 19 Oktober 2018.

Saras, Y. 2015. Efektivitas Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Diambil dari http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/9242/2/T1_802011129_Full%20text.pdf. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT Tarsito.

Turina. 2014. Penggunaan Tekhnik Assertive Training Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diambil dari http://jurnal. fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/9039. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Wahyuning, D. 2015. Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Menggunakan Teknik Assertive Training. Bandar Lampung: Universitas Lampung.Volume 4 No 1. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila. ac.id/index.php/ALIB/article/view/10537. Diakses pada 27 Agustus 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.