Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa

Maria Lusia Dewi Shinta D, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The purpose of this research is to increase the ability of peer social interaction through group guidance on the students of class VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. The problem in this study was student low ability of social interaction to peers. The research method is quasi method of experimental One-group design pretest-posttest design. Subjects were 10 students. Data collection techniques use social interaction scale. The data analysis used is Wilcoxon test. The result showed increased interaction with peers 31,66%, from result of analysis of post-test data obtained zcount = -2,803 and ztable 0, 05 = 1,645. zcount<ztable. Ha accepted and Ho rejected. This shows that the ability of social interaction with peers can be improved by using group counseling services on students of class VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatan kemampuan interaksi sosial teman sebaya melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. Masalah dalam penilitan ini adalah rendahnya kemampuan interaksi sosial terhadap teman sebaya. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimen desain One-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkanpeningkatan interaksi terhadap teman sebaya 31,66%, dari hasil analisis data post-test diperoleh zhitung = -2,803dan ztabelĀ  0,05 = 1,645. zhitung <ztabel. Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial denganteman sebaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung

Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan konseling, kemampuan interaksi sosial



Full Text:

PDF

References


Afrisia, L. 2012. Hubungan Antara Pengasuhan Orang Tua dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas XI di SMA N 2 Sekampung Lampung Timur Tahun Peajaran 2015/2016. Halaman 15.

Fitria, N. 2013. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Falsafah Hidup Masyarakat Lampung untuk Mengurangi Prasangka Sosial. Jurnal Bimbingan Konseling Unnes. Volume 2 No. 2. Halaman 3.

Halimah, S.N. 2016. Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial dalam Kelas Menggunakan Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan Konseling. Halaman 4.

Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Hidayati, R. 2013. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Stimulus Control untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Volume 2 No. 2. Halaman 3.

Indriyani, N. 2014. Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siwa dengan Menggunakan Assertive Training di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Halaman 1.

Khafid, M. 2007. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Volume 2. No 2. Halaman 5.

Prayitno. 2008. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Rineka Cipta. Jakarta.

Ricko, W. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Statistka Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Banguan Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Fakultas Teknik UNY. Vol. 2 Halaman 5.

Santrock, J. W.. 2010. Life span development edisi ke-13. McGraw-Hill.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sitompul, D.N. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan dan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. Jurnal EduTech. Vol. 1 No. 1. Halaman 2.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, DK.. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Walgito, B. 2002. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.