Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa

Wahyu Farida, Syarifuddin Dahlan, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem of this research was the low of students self esteem. The aims of this study was to find out whether use group counseling service assertive training technique to improve students self esteem on class X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung in academic year 2016/2017. This research method was pre-experimental with one group pretest-posttest design. The subjects in this research were 8 students which having the low self esteem. The data collecting technique was using self esteem scale. The results of data were analyzed from pretest and posttest of self esteem using wilcoxon test. The result of statistics analyzed was showing that  the value of       Zcount = -2,350 < Ztable = 1,645, so it can be concluded  that Ho was rejected and Ha was accepted. It means that group counseling service assertive training technique can be used to improve students self esteem.

Masalah penelitian ini adalah self esteem siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subyek penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki self esteem rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil analisis data dari pretest dan posttest self esteem menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis statistik menunjukan nilai Zhitung = -2,350 < Ztabel = 1,645, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Ini artinya layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat digunakan untuk meningkatkan self esteem siswa.

Kata kunci: assertive training, konseling kelompok, self esteem


Full Text:

PDF

References


Ali, M dan Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Amalia, H. 2016. Pelatihan Teknik Assertivitas Untuk Meningkakan Self Esteem Korban Bullying. Jurnal Psikologi Vol. 2 No. 1 tersedia di http://jurnal.ugm.ac.id/gamajpp/article/view/32313. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Boss, Muris & Mulkens S. Changing Self Esteeem In Children And Adolescents: Aroadmap For future Interventions. Netherlands Journal Of Psychology. 2006;62:26-33. Tersedia di https://link.springer.com/article/10.1007%2FBF03061048. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Corey, G. 2010. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

D’Zurilla, Thomas. 2003. Journal of Social and Clinical Psychology: Sel- Esteem And Social Problem Solving As Predictors Of Aggression In College Students. Stony brook university. Tersedia di http://guilfordjournals.com/doi/abs/10.1521/jscp.22.4.424.22897. Online.Diakses pada 21 Maret 2018.

Freist, Jess & Feist. Gregory J. 2011. Teori Kepribadian Theories of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.

Iriani, N. 1995. Pengaruh Pelatihan Asertivitas Terhadap Peningkatan Harga Diri. Jurnal Psikologi. Tersedia di http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataId=6357. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Mujiyati. 2015. Peningkatan Self Esteem Siswa Korban Bullying Melalui Teknik Assertive Training. Jurnal Fokus Konseling Vol. 1 No. 1 (1-12) Tersedia pada http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Ni’mah, R. 2015. Upaya Meningkatkan Self Esteem Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi (tidak diterbitkan). Tersedia di (http://onesearch.id/Record/IOS3090.4577. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Rees, S. & Graham, S.R. 1991. Assertion Training. London: Routledge, New Fetter Lane.

Santrock, J.W. 2007. Remaja (edisi kesebelas). Penerjemah Widyasinta, B & Wibihardini. Jakarta: Erlangga.

Suyono. 2004. Pengembangan Paket Pelatihan Ketrampilan Asertif. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/8242. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Wahyuning, D. 2015. Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Menggunakan Teknik Assertive Training Siswa Kelas XII SMA. Junal Pendidikan Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No. 1. Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/10509. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Windaniati, 2013. Meningkatkan Self Esteem Melalui Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas XI TMO 1 SMK 1 Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 30 No. 2 Tahun 2013. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/JPP/5679. Online. Diakses pada 21 Maret 2018.

Yusuf L.N, Dkk. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.