Penggunaan Informasi Bidang Studi dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Pilihan Studi Lanjut

Dwi Respita Ningsih, Syarifuddin Dahlan, Diah Utaminingsih

Abstract


The problem of this study was the lack of students’ understanding choice of advanced study. The problem was "is there an increasing understanding of the further study choice after the provision of information in the field of study in group guidance services in the students of Junior High School 3 Natar grade IX in the academic year 2016/2017?" This study used quasi experiment designs with time series designs. The subjects were 10 students. Data collecting techniques used a questionnaire. Data analysis used was wilcoxon test calculation. The result showed that the of the further study choice understanding can be improved by using the information in the field of study in the guidance services group, as evidenced by the results of data analysis using the calculation analysis using the test wilcoxon obtained value Zhitung -2.816 <Ztabel=1,645, The analysis also showed an increase of 41%.   The conclusion of this research is an increase in advanced study understanding options in students after being given information in the field of study in group guidance services.

Masalah penelitian ini kurangnya pemahaman pilihan studi lanjut siswa. Permasalahannya “apakah terjadi peningkatan pemahaman pilihan studi lanjut setelah pemberian informasi jurusan bidang studi dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas IX SMPN 3 Natar pada tahun ajaran 2016/2017?” Penelitian ini menggunakan quasi experiment designs, time series designs. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dengan perhitungan uji wilcoxon. Hasil menunjukan pemahaman pilihan studi lanjut dapat ditingkatkan dengan informasi jurusan bidang studi dalam bimbingan kelompok, data uji wilcoxon diperoleh nilai Zhitung=-2.816<Ztabel=1,645, Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 41%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terjadi peningkatan pemahaman pilihan studi lanjut siswa setelah diberikan informasi jurusan bidang studi dalam bimbingan kelompok.

Kata kunci: bimbingan kelompok, informasi jurusan bidang studi, pemahaman pilihan studi lanjut


Full Text:

PDF PDF

References


Anisa, R.N. 2017. Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Bimbingan Konseling. Halaman 11.

Dahlan, N. 2015. Efektivitas Informasi Karir dengan Media Buku Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjutan Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Volume 1. Nomor 1. Juni. Halaman 78.

Furchan, A. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007.

Handatama, P. & Lestari, S. Pengaruh Layanan Informasi Guru BK Terhadap Pendidikan Lanjutan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Bimbingan Konseling UNTAN. (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22783/18076). Halaman 01.

Ilhamuddin. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Topik Tugas untuk Meningkatkan Pemahaman Pilihan Studi Lanjut Pada Siswa Kelas IX di MTs Roudlotul Ulum Jatirejo Mojokerto. Jurnal BK UNESA, Volume 01. Nomor 01. Tahun 2013. Halaman 251

Leksana, D.M. 2006. Keefektifan Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Topik Tugas untuk Meningkatkan Pemahaman Pemilihan Program Penjurusan Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Volume 19. (http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3B/article/view/275/243). Halaman 8.

Novitasari, F. 2016. Peningkatan Pemahaman Pilihan Minat Jurusan dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kota Agung Barat. Jurnal Bimbingan Konseling. Halaman 21.

Nurcahyo, R.T. 2013. Penerapan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang. Jurnal BK UNESA. Volume 04. Nomor 01. Halaman 315.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.UNP.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negri Malang.

Setiawan, M.F. dan Nursalim, M. 2014. Pengembangan Materi Layanan Informasi Studi Lanjut melalui Media Web Server dikelas VIII C SMP Negeri 1 Prambon. Jurnal BK UNESA. Volume 04. Nomor 03. Tahun 2014. Halaman 2.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, dan Kuantitatif,. Bandung: CV. Alfabeta

Sunarto dan Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. PT Rinneka Cipta. Jakarta.

Sutrisno, E. 2017. Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri 2 Boyolangu. Jurnal Simki-Pedagogia. Vol 01. No 08. Tahun 2017. Halaman 5.

Sylviana, N.D. 2014. Penggunaan Teknik Modelling Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar pada Siswa. Jurnal. Volume 3. No.3. Halaman 20-24.

Yulita, Rintystini & Suzy Charlotte. 2010. Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.