Meningkatkan Kecerdasan Emosi Dengan Menggunakan Konseling Client Centered

Tri Sutisna, Yusmansyah Yusmansyah, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The problem of this research was the lowness of studentss emotional intelligence. The purpose of this research was to know the improvement of the emotional intelligence by using client centered counseling in students of class XI Senior High School 3 Bandar Lampung in academic year 2017/2018. The method of this research was a quasi experiment with the pretest-posttest design. The subjects of this research were much as five students who have low emotional intelligence. The data collection technique was using emotional intelligence scale. The results of data was analyzed from pretest and posttest of emotional intelligence using Wilcoxon test. The results of statistics analyzed was showing that Zcount = -2,023 < Ztable = 0,018, p = 0,043; p < 0,05, so it can be concluded that Ho was rejected and Ha was accepted. That meant the students emotional intelligence can be improved with client centered counseling.

Masalah dalam penelitian ini kecerdasan emosi siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosi dengan menggunakan konseling client centered pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan pretest-posttest design. Sunjek penelitian sebanyak lima siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi. Hasil analisis data dari pretest dan posttest kecerdasan emosi menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil analisis statistik menunjukkan Zhitung = -2,023 < Ztabel = 0,018, p = 0,043 ; p < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini artinya kecerdasan emsosi siswa dapat ditingkatkan dengan konseling client centered.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, kecerdasan emosi, konseling client centered


Full Text:

PDF

References


Adnyani, G.S. 2015. Penerapan Model Konseling Client Centered Tehnik Self Understanding untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X AP SMKN 1 Singaraja (Jurnal ALIBKIN), https://ejournal.undiksha.ac.id/, diakses 24 Februari 2018.

Asiani, H.N. 2013. Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Mengambil Keputusan Studi Lanjut Menggunakan Pendekatan Client Centered (Jurnal ALIBKIN), http://jurnal.fkip.unila.ac.id/, diakses 24 februari 2018.

Chaplin, J.P. 1989. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan. Kartono dan Kartini. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Eliasa, E.I. 2011. Permainan (Games) Dalam Bimbingan Dan Konseling Pada Siswa SMA (Jurnal Bimbingan Konseling), http://staffnew.uny.ac.id/, diakses 24 Februari 2018.

Goleman, D. 2005. Emotional Intelligenci. Terjemahan T. Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Laksari, K. 2017. Penggunaan Konseling Client Centered untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Jurnal Bimbingan Konseling), http://digilib.unila.ac.id/, diakses 24 Februari 2018.

Lusiana, E. 2017. Penggunaan Konseling Client Centered Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa (Jurnal ALIBKIN), http://jurnal.fkip.unila.ac.id/, diakses 24 Februari 2018.

Purnaningtyas, A. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya SMP (Jurnal Ilmu Pendidikan), https://journal.unnes.ac.id/, diakses 24 Februari 2018.

Sari, N.D.I. 2016. Peningkatan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Jurnal ALIBKIN), http://digilib.unila.ac.id/, diakses 24 Februari 2018.

Wikarta, S.Y. 2016. Pelaksanaan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Person- Centered Therapy Dalam Menangani Regulasi Diri Rendah (Jurnal Ilmu Pendidikan), http://ojs.atmajaya.ac.id/, diakses 24 Februari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.