Peningkatan Motivasi Berprestasi Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Client Centered pada Siswa Kelas VIII

Puspita Wulandari, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The problem of this research was the low level of students achievement motivation. The research problem was formulated as "Whether or not the client centered group counseling approach can improve students motivation of grade VIII ". The data collecting technique in research was carried out using achievement motivation scale. Based of the data analysis which was calculated using Wilcoxon test, the value obtained -2.201. It showed that z-calc < z-table ; -2.207 <1.645 thus, Ho was rejected and Ha was accepted. The results of data analysis also showed an increase of 11%. It can be concluded that the client centered group counseling approach can improve students achievement motivation in grade VIII

Masalah penelitian ini adalah motivasi berprestasi siswa rendah. Permasalahan penelitian adalah Apakah layanan konseling kelompok pendekatan client centered dapat meningkatkan motivasi berpretasi siswa kelas VIII. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh hasil -2,201. Ternyata zhitung< ztabel = (-2.207<1.645) maka Ho ditolak dan Ha diterim. Hasil analisis data juga memperlihatkan peningkatan sebesar 11%. Kesimpulannya adalah layanan konseling kelompok pendekatan client centered dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada siswa kelas VIII

Kata kunci: bimbingan dan konseling, konseling kelompok client centered, motivasi berprestasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2009. Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad, M. 2014. Penggunaan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bandung. Jurnal.

Volume 2, Nomor 2, Halaman 34-35.

Kurniawan, A. N. 2009. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Laksado. Jurnal. Volume 1, Nomor 1, Halaman 27-29.

Megayanti, 2009. Identifikasi Faktor-faktor Siswa Malas Belajar

pada kelas VIII SMPN 3 Depok. Jurnal. Volume 2, Nomor 1, Halaman 41-43.

Risnianty, 2008. Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 2 Banjar Agung. Jurnal.

Volume 1, Nomor 2 Halaman 13-14.

Santrock, J.W. 2009. Perkembangan Remaja. Jakarta: PT.Gelora Aksara Pratama.

Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel, W.S dan Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.