Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Kecenderungan Bullying Siswa

Hestina Hestina, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this study was to determine the relationship between parenting style with the tendency of students bullying. The problem found in this research was the tendency of bullying. The research method was using a description correlation.The samples of this research were 125 students in grade VIII, SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The data collection used in this research were parenting style questionnaires and the tendency of bullying. The data analysis techniques used in this research was the correlation of product moment. The results showed 1) there was a close and significant relationship between parenting style with the tendency of bullying with n = 61 obtained Rhit 0.274> Rtab 0.248,2) there was no significant relationship between parenting style with n = 32 obtained Rhit 0.046 < Rtab 0.286,3) there was no significant relationship between permissive parenting style with the tendency of bullying with n = 30 obtained Rhit 0.132 <Rtab 0.296.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecenderungan bullying pada siswa. Masalah pada penelitian ini adalah kecenderungan bullying. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah desriptif korelasi. Sampel penelitian sebanyak 125 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orang tua dan kecenderungan bullying. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada hubungan yang erat dan signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan kecenderungan bullying dengan n= 61 diperoleh Rhit 0,274> Rtab 0,248, 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan n= 32 diperoleh Rhit 0,046 < Rtab 0,286, 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua permisif dengan kecenderungan bullying dengan n= 30 diperoleh Rhit 0,132 < Rtab0,296.

Kata kunci: bimbingan konseling, kecenderungan bullying, pola asuh orang tua


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi RevisiVI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, P. R. 2008. Meredam Bullying; Tiga Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: Penerbit Grasindo.

Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial, IKAPI. Bandung: PT. Refika Aditama.

Santrock, J.W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi 5, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Sejiwa, 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : PT Grasindo.

Sugiyono, 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parsons, L. 2009. Bullied Teacher Bullied Student: Mengenali Budaya Kekerasan di Sekolah Anda dan Mengatasinya. Jakarta: PT Grasindo.

Papalia, D.E., Olds, S.W & Feldman, R.D. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.