Hubungan Sikap Terhadap Guru Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII

Dwi Agustina Damayanti, Yusmansyah Yusmansyah, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The purpose of this study is find out the relationship between Students Attitude toward teachers with learning achievement. The problem in this research is student achievement. Research method is Product moment correlationThe sample of research is 72 students of class VIII SMP Negeri 1 Seputih Raman. The result of this research showed that there is a positive and significant relationship between students attitudes toward teachers with achievement that is proved by result of data analysis using product moment correlation of Karl Pearson. Based the result of data tabulation it was obtained r Count=0,273 > r Table=0,233 which means Ho refused and Ha accepted. The conclusion of this research is there is a positive and significant relationship between students attitude toward teachers with Students learning achievement

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap guru dengan prestasi belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Metode penelitian adalah korelasi Product moment. Sampel penelitian sebanayak 72 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Raman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap siswa terhadap guru dengan prestasi belajar terbukti dari hasil analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Dari hasil pengolahan data diperoleh r hitung = 0,273 > r tabel= 0,233 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap siswa terhadap guru dengan prestasi belajar siswa.

Kata kunci: guru, sikap, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2003. Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_________. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elfiky, I. 2014. Terapi Berfikir Positif. Jakarta: Penerbit Zaman.

Handayani, S. 2010. Hubungan Pengetahuan Sikap Minat dan Motivasi

Belajar dengan Pres-tasi Belajar Mata Kuliah Kebu-tuhan Dasar Manusia Pada Mahasiswa Semester I Akper Giri Satria Husada Wonogiri. Jurnal Keperawatan, Vol. 1 No. 1.

Karwono & Heni M. 2012. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samdani, A. 2013. The Power Of Belief. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarwono, S.W. & Eko A.M.2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.