Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X

Risa Rahayu, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The Problems in this study was the low achievement of students. The purpose of this reasearch was to know the correlation between self-regulation with student achievement. Data analysis used product moment correlation. The sample were as many as 64 students class X SMA Negeri 1 Seputih Raman in academic year 2016/2017. The data collecting technique used the self-regulation scale and documentation of learning achievement taken from the value report. The result of this reasearch was there was significant relationship between self-regulation to student achievement with index ? = 0,000 <? = 0,05; Then Ho was rejected and Ha accepted with the value of correlation coefficient rcount 0,843> rtable 0,2423. The Conclusion of the study was there correlation significant between self regulation with the learning achievement students X SMA Negeri 1 Seputih Raman in academic year 2016/2017.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian adalah korelasi product moment. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dan dokumentasi prestasi belajar yang diambil dari nilai raport. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar siswa yang signifikan dengan indeks ? = 0,000 < ? = 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai koefisien korelasi rhitung0,843 > rtabel 0,2423. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada siswa kelas x SMA Negeri 1 Seputih Raman Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci:hubungan, regulasi diri, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Djamrah, Syaiful. B. 2008. Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Latipah, E. 2010. Strategi Self Regulatied Learning dan Prestasi Belajar Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi Fakultas Tarbiyah Universitas Sunan Kalijaga Vol 37 No 1.

Muhibbin, S. 2011. Psikologi Pendidikan Bandung: Rosda Karya.

Muhibbin, S. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : PT . Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. 2006. Mengembangkan Kemampuan Self Regula-tion Untuk Me-ningkatkan Keberagaman Akademik Siswa. Jurnal Penddikan Penabur Jakarta No.7/TH V.

Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan. (Alih bahasa Diana Angelica). Jakarta: Salemba Humanika.

Zimmerman, dan Martinez-Pons,. 1990. Student Differences in Self-Regulated Learning: Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self- Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology. No. 1. Vol. 82. Hal. 51-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.