Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar

Nabilah Kartiyasa Utami, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The problem of study was low learning motivation. The purpose of study was to identify the corelation between parenting pattern with learning motivation. The research method was using correlation. The samples were as many as 151 students. The data collecting technique used the parenting pattern scale and learning motivation scale. The data were analyzed using product moment corelation. The results of the study showed there was significant correlation between democratic parenting with learning motivation with rcount 0,382 and the value of p 0,010. The conclusion of study was there have a positif correlation between democratic parenting with learning motivation.

Masalah penelitian ini adalah motivasi belajar rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar. Metode penelitian ini adalah korelasi. Sampel penelitian sebanyak 151 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang dan motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi 0,382 dan nilai p 0,010. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh orang tua demokratis memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi belajar.

Kata kunci:hubungan, motivasi belajar, pola asuh orang tua


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: P_idea.

Haryadi. 2004. Metodologi Research (jilid 1). Yogyakarta : Andi Offset.

Hakim. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Santrock, J. W. 2007. Life - Span Development: Edisi Kelima. (Alih bahasa: Juda Damanik, Achmad Chusairi). Jakarta: Erlangga.

Semiawan, C. R. 2000. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Shochib, M. 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu anak Mengembangkan Disiplin. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif; Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.