Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI
Abstract
The problem of this research was the lack of interpersonal communication skills. The purpose of this research was to determine the increasing using of group counseling services role playing techniques to Improving Interpersonal Communication in class XI SMAN 8 Bandar Lampung in academic year 2016/2017. This research was a quasi experiment with one-group pretest-posttest design, and then analyzed using Wilcoxon test. The subjects of the study were 6 students who had low interpersonal communication skills. The data collection technique was the scale of interpersonal communication. Statistical analysis showed Zhit = -2,207 < Ztab = 0,027 p = 0,027 < 0,05, then Ho was rejected and Ha accepted and the result of this research showed the increase for 25.50 %. This meant that there was a significant differences between interpersonal communication skills in group after given counseling group services role playing technique.
Masalah penelitian ini adalah kemampuan komunikasi interpersonal rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan layanan konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA N 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan one group pretest-posttest design. kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal rendah. Hasil analisis statistik menunjukkan Zhit = -2,207 < Ztab = 0,027 p = 0,027 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil analisis memperlihatkan peningkatan sebesar 25.50 %. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelmpok teknik role playing.
Kata kunci: konseling kelompok, bermain peran, komunikasi interpersonal
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar,S. 2014. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 4. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Brown,N.W.1994. Konseling Kelompok Untuk Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT Grasindo.
Baswori, K . 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Kediri Jenggala: Pustaka Umum
Corey, G. 1999 . Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, N. K. 2014. Komunikasi Antar Pribadi Konsep dan Teori Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Pres. 178.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: FIP UNP.
Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock, Jhon W. 2012. Life Spam Development Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Sudjana. 2005. Metode Statistik Kuantitatif dan Kualitatif Edisi keenam. Bandung: Tarsitoe.
Sukardi, D. K. 2008. Pengantar Pelak sanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rieneka Cipta.
Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.
Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.